Tautan-tautan Akses

AS

Regu Pemadam Kebakaran Bersiap Padamkan Api di Amerika Bagian Barat


Lebih dari 100 bangunan telah hancur dan lebih dari 1.000 orang dipaksa meninggalkan rumah mereka karena kebakaran di California tengah dan utara.

Musim kebakaran sedang terjadi di negara bagian itu dan sebagaimana dilaporkan oleh koresponden VOA Mike O'Sullivan dari Los Angeles, pasukan pemadam kebakaran memperkirakan mereka akan menghadapi keadaan yang semakin buruk.

Pihak berwenang mengatakan seorang pelaku pembakaran mulai memicu kobaran api di daerah Lake County, utara San Francisco, tetapi tumbuh-tumbuhan yang kering akibat kemarau selama empat tahun menyebabkan kobaran api menyebar ke daerah pedesaan lain.

Hingga kini ada enam kebakaran besar yang masih berkobar di California dan di tempat-tempat lainnya di Amerika bagian barat.

Di Los Angeles, di mana banyak rumah berbatasan dengan area hutan belantara, para pejabat mengatakan mereka siap memadamkan kebakaran yang mungkin terjadi pada musim ini dengan pesawat-pesawat yang baru disewa, termasuk jenis pesawat yang disebut super-scooper yang dapat mengambil air tanpa harus mendarat.

Anggota regu pemadam kebakaran tengah berupaya memadamkan api kebakaran hutan di Lower Lake, California (15/8).

Anggota regu pemadam kebakaran tengah berupaya memadamkan api kebakaran hutan di Lower Lake, California (15/8).

“Di sungai, danau, pesawat ini dapat mengambil air dan siap memadamkan api terus menerus tanpa harus mendarat, kecuali ketika harus mengisi bahan bakar,” jelas Richard Licon dari Departemen Pemadam Kebakaran Los Angeles.

Helikopter raksasa itu mampu membawa 10.000 liter air, tetapi diperlukan pilot yang terampil, yang mampu bermanuver melewati zona-zona kebakaran.

“Pertama-tama, kami berada di lingkungan yang sangat berbahaya sehingga kami harus memastikan bahwa kami dapat melihat pesawat-pesawat lain pada jalur penerbangan di daerah sekitar dan saling berkomunikasi dengan baik. Keselamatan adalah yang pertama dan terutama dengan semua hal. Kami juga memastikan tidak mencurahkan air pada apa pun yang akan menyakiti siapa pun di bawah kami,” kata Natalie Jones, salah seorang pilot helikopter raksasa.

Di Los Angeles, selagi menunggu dan siap memenuhi panggilan tugas, para pilot itu berbicara tentang tantangan untuk menjaga kesiapan mereka sendiri, para petugas pemadam kebakaran dan peralatan untuk mengatasi kebakaran besar yang diramalkan akan menjalar ke daerah mereka.

“Sangat sulit. Mengingat jumlah pilot yang kami miliki, untuk melanjutkan operasi 24 jam, mengatur giliran para pilot untuk beristirahat, dan kembali bekerja untuk memadamkan api merupakan salah satu tantangan terbesar. Tantangan besar lain untuk helikopter dan semua pesawat besar adalah pemeliharaan, memastikan pesawat mampu terbang terus-menerus,” kata Paul Gottwig, seorang anggota regu pemadam kebakaran.

Para pejabat Amerika mengatakan musim kebakaran bisa berlanjut hingga bulan November di California tengah dan utara, dan dengan kondisi kekeringan seperti sekarang, bisa berlangsung lebih lama lagi di bagian selatan negara bagian ini. [lt/uh]

XS
SM
MD
LG