Tautan-tautan Akses

AS

Kebakaran di California Selatan: 6.000 Hektar Lahan Hangus dalam 12 Jam


Sebuah truk terbakar di kota Lower Lake, California (14/8). Kebakaran hutan di California menghanguskan sekitar 6.000 hektar lahan dalam 12 jam (AP Photo/Josh Edelson)

Sebuah truk terbakar di kota Lower Lake, California (14/8). Kebakaran hutan di California menghanguskan sekitar 6.000 hektar lahan dalam 12 jam (AP Photo/Josh Edelson)

Pihak berwenang di negara bagian California memerintahkan evakuasi terhadap lebih dari 82 ribu orang setelah kebakaran hutan yang menyebar cepat terjadi Selasa (16/8) di sebelah utara San Bernardino.

Para pejabat dinas pemadam kebakaran belum mengetahui apa penyebab kebakaran itu. Mereka mengatakan, selama 12 jam kebakaran, api telah menghanguskan lebih dari 6.000 hektar lahan. Api dan asap mendorong pihak berwenang untuk menutup jalan-jalan, termasuk jalan raya yang menghubungkan kawasan Los Angeles itu dengan Las Vegas.

Sekitar 700 personel pemadam kebakaran berusaha memadamkan api. Namun, usaha mereka terhalang oleh cuaca yang panas, berangin dan kering.

Kebakaran hutan biasa terjadi di California dan negara-negara bagian lain di wilayah Barat Amerika Serikat selama musim panas.

Juga hari Selasa (16/8), pihak berwenang mencabut perintah evakuasi terkait kebakaran setelah para petugas pemadam kebakaran berhasil membuat kemajuan dalam usaha memadamkan sebuah kebakaran lain yang menurut polisi diakibatkan ulah kriminal. Mereka menangkap seorang pria berusia 40 tahun yang diduga dengan sengaja memicu kebakaran di kawasan itu selama satu tahun terakhir.

Kebakaran di Lower Lake, di sebelah barat laut ibukota negara bagian itu, Sacramento, telah menghanguskan sekitar 1.600 hektar lahan dan menghancurkan 175 rumah dan bisnis. [ab/as]

XS
SM
MD
LG