Tautan-tautan Akses

Jumlah korban TransAsia Bertambah Menjadi 38


Pesawat TransAsia sesaat sebelum jatuh ke sungai Keelung di Taiwan, Rabu (4/2).

Pesawat TransAsia sesaat sebelum jatuh ke sungai Keelung di Taiwan, Rabu (4/2).

Para penyelidik mengatakan bahwa dua mesin turbo gagal mengangkat pesawat ATR 72 itu, sehingga jatuh ke sungai sesaat setelah tinggal landas dari bandara Songshan di Taipei, Rabu pagi (4/2).

Tim SAR menemukan tiga mayat lagi dari Sungai Keelung di Taiwan, Sabtu pagi, sehingga jumlah korban dari pesawat TransAsia Airways yang jatuh hari Rabu itu menjadi 38 orang.

Lima penumpang pesawat dengan nomer penerbangan 235 dari Taipei menuju pulau Kinmen itu masih belum ditemukan. Lima belas orang selamat.

Para penyelidik hari Jumat mengatakan bahwa 2 mesin turbo gagal mengangkat pesawat ATR 72 itu, sehingga jatuh ke sungai sesaat setelah tinggal landas dari bandara Songshan di Taipei, Rabu pagi.

Para pejabat dari Badan Keselamatan Penerbangan Taiwan mengatakan pada konferensi pers Jumat, perekam suara dan data mengungkapkan bahwa mesin kanan pesawat itu gagal setelah 37 detik tinggal landas.

Kemudian, seorang dari pilot itu tidak sengaja mematikan mesin kiri, lalu mencoba menghidupkannya lagi. Tetapi pesawat jatuh sebelum pilot-pilot itu sempat menghidupkan mesin.

Rekaman para pengendali lalu-lintas udara menunjukkan bahwa kata-kata terakhir pilot sebelum pesawat itu jatuh, "Mayday, mayday, engine flameout."‚Äč

Para pejabat mengatakan Jumat, penyelidikan masih terlalu dini untuk menentukan penyebab mesin gagal berfungsi.

XS
SM
MD
LG