Tautan-tautan Akses

Pesawat Penumpang Jatuh di Taiwan, Sedikitnya 25 Tewas


Gambar kamera yang menangkap pesawat TransAsia sebelum jatuh.

Gambar kamera yang menangkap pesawat TransAsia sebelum jatuh.

Para penumpang masih terperangkap di dalam pesawat ATR-72 TransAsia Airways, yang jatuh ke Sungai Keelung itu setelah menyentuh sebuah jembatan.

Sebuah pesawat penumpang komersil jatuh ke sungai dekat ibukota Taiwan Rabu pagi (4/2), menewaskan sedikitnya 25 orang, menurut pejabat Taiwan.

Media setempat melaporkan para penumpang masih terperangkap di dalam pesawat ATR-72 TransAsia Airways, yang jatuh ke Sungai Keelung itu setelah menyentuh sebuah jembatan. Ada 58 orang dalam pesawat tersebut.

Tim SAR di Taiwan menggunakan mesin derek untuk mengangkat pesawat penumpang yang jatuh ke sungai. Petugas penyelamat berhasil menarik dan menyelamatkan sedikitnya 15 penumpang, termasuk seorang anak. Paling sedikit 25 orang tewas, sementara 18 orang penumpang lainnya hilang di perairan yang dangkal.

Pesawat TransAsia Airways ATR-72 menabrak jembatan dan jatuh ke sungai Keelung yang dangkal tidak lama setelah lepas landas.

Video-video dan foto-foto yang dimuat di media sosial, menunjukkan pesawat itu berada pada kemiringan 90 derajat saat salah satu sayapnya tersangkut di jembatan, dan kemudian jatuh ke sungai.

Pesawat tadi nyaris menabrak beberapa gedung apartemen tinggi di dekatnya.

Pesawat tadi jatuh setelah lepas landas dari bandar udara Sungshan, Taipei, menuju ke kepulauan Kinmen. Tidak jelas apa penyebab kecelakaan itu, yang terjadi dalam cuaca yang relatif cukup bagus.

Foto-foto dramatis yang dimuat dalam media sosial menunjukkan pesawat itu berada pada sudut 90 derajat ketika menyinggung jembatan, yang merusak sedikitnya satu mobil.

Informasi lebih jauh belum tersedia mengenai insiden itu.

Ini adalah pesawat ATR-72 yang kedua jatuh di Taiwan dalam dua tahun. Bulan Juli lalu, satu pesawat turboprops bermesin dua buatan Perancis itu jatuh dalam cuaca buruk dekat bandara di Pulau Penghu, menewaskan 48 orang.

XS
SM
MD
LG