Tautan-tautan Akses

Jepang akan Deportasi 14 Aktivis Tiongkok


Warga Tiongkok melakukan unjuk rasa di depan Kedutaan Jepang di Beijing menuntut pembebasan 14 aktivis yang ditahan Jepang (15/8).

Warga Tiongkok melakukan unjuk rasa di depan Kedutaan Jepang di Beijing menuntut pembebasan 14 aktivis yang ditahan Jepang (15/8).

Jepang telah memutuskan untuk mendeportasi ke-14 aktivis Tiongkok yang ditangkap setelah mendarat di pulau yang diklaim baik oleh Tokyo maupun oleh Tiongkok itu.

Para aktivis itu mendarat di sebuah pulau di laut Cina Timur hari Rabu, menancapkan bendera Tiongkok dan menyanyikan lagu kebangsaan negara mereka sebelum ditangkap dan dituduh melanggar undang-undang imigrasi Jepang.

Polisi mengatakan hari Jumat bahwa ke-14 orang itu telah dialihkan ke imigrasi untuk diproses. Kepala Sekretaris Kabinet mengatakan kepada wartawan di Tokyo hari Jumat bahwa ia tidak tahu kapan mereka dideportasi.

Beijing telah menuntut agar aktivis itu dibebaskan tanpa syarat.

Pemerintah Tiongkok mengajukan keluhan resmi setelah polisi Jepang mengatakan telah menahan 14 aktivis pro-Tiongkok di sebuah kepulauan yang juga diklaim sebagai wilayah Tiongkok.

Pulau tidak berpenduduk yang dikenal sebagai Senkaku di Jepang dan Diaoyo di Tiongkok itu sering menjadi sumber perselisihan antara Tokyo dan Beijing. Pulau-pulau itu terletak di kawasan yang kaya gas alam dan ikan.
XS
SM
MD
LG