Tautan-tautan Akses

Jepang Pertimbangkan Tindakan terhadap 14 Aktivis Tiongkok


Warga Tiongkok melakukan protes di depan Kedutaan Jepang di Beijing dengan membawa tulisan "Umumkan Perang dengan Jepang", hari Rabu (15/8).

Warga Tiongkok melakukan protes di depan Kedutaan Jepang di Beijing dengan membawa tulisan "Umumkan Perang dengan Jepang", hari Rabu (15/8).

Hari Rabu (15/8), 14 aktivis Tiongkok ditangkap setelah mendarat di pulau Senkaku yang disengketakan, sehingga mengganggu hubungan Jepang dan Tiongkok.

Jepang sedang mempertimbangkan apa yang harus dilakukan terhadap 14 aktivis Tiongkok yang ditangkap setelah mendarat di pulau yang disengketakan, yang mengganggu lebih jauh hubungan antara kedua negara Asia yang bertetangga itu.

Para aktivis itu mendarat hari Rabu di pulau di laut China Timur tersebut, menacapkan bendera Tiongkok dan menyanyikan lagu kebangsaan negara mereka sebelum dengan segera ditangkap dan dituduh melanggar undang-undang imigrasi.

Jepang, yang mengangkut para aktivis itu ke Okinawa untuk ditanyai, kabarnya sedang mempertimbangkan deportasi sebagai cara meredakan perselisihan dengan Beijing, yang telah menyampaikan keluhan resmi dan menuntut pembebasan yang tidak bersyarat.

Kepulauan yang tidak berpenduduk, yang dinamakan Senkaku oleh Jepang dan Diaoyo oleh Tiongkok, sering menyulut pertikaian antara Tokyo dan Beijing. Kepulauan itu terletak di kawasan kaya gas dan dikelilingi laut yang kaya ikan.
XS
SM
MD
LG