Tautan-tautan Akses

Tiongkok Ajukan Protes Resmi atas Penangkapan 14 Aktivis oleh Jepang


Kapal penjaga pantai Jepang berusaha mengehentikan sebuah perahu nelayan yang mendekati Pulau Senkaku yang disengketakan (foto: dok).

Kapal penjaga pantai Jepang berusaha mengehentikan sebuah perahu nelayan yang mendekati Pulau Senkaku yang disengketakan (foto: dok).

Polisi Jepang telah menahan 14 aktivis pro-Tiongkok yang tiba dengan perahu di sebuah kepulauan yang juga diklaim sebagai wilayah Tiongkok.

Tiongkok mengatakan mengajukan keluhan resmi setelah polisi Jepang mengatakan telah menahan 14 aktivis pro-Tiongkok di sebuah kepulauan yang juga diklaim sebagai wilayah Tiongkok.

Pulau tidak berpenduduk yang dikenal sebagai Senkaku di Jepang dan Diaoyo di Tiongkok itu sering menjadi sumber perselisihan antara Tokyo dan Beijing. Pulau-pulau itu terletak di kawasan yang kaya gas alam dan ikan.

Menurut polisi Jepang para aktivis tiba di kepulauan itu menggunakan perahu dari Hong Kong, meskipun pengamanan diperketat oleh Garda Pantai Jepang, yang menggunakan meriam air terhadap perahu-perahu nelayan Tiongkok itu.

Polisi Jepang menuduh para aktivis melanggar undang-undang imigrasi, dan mereka dikirim ke Okinawa untuk diadili.

Para aktivis mengatakan, pendaratan mereka dimaksudkan sebagai tandingan atas rencana sekelompok legislator Jepang untuk mengunjungi kepulauan yang disengketakan itu.
XS
SM
MD
LG