Tautan-tautan Akses

2 Menteri Jepang Kunjungi Tugu Yasukuni yang Kontroversial


Tugu Yasukuni di Tokyo, dibangun untuk menghormati pahlawan Jepang yang gugur dalam perang (foto: dok).

Tugu Yasukuni di Tokyo, dibangun untuk menghormati pahlawan Jepang yang gugur dalam perang (foto: dok).

Dua menteri Jepang melakukan ziarah ke sebuah tugu perang yang dipertentangkan yang dipandang banyak orang sebagai lambang masa lampau penjajahan Jepang.

Kunjungan ziarah kedua menteri ini kemungkinan besar akan menimbulkan kemarahan negara tetangga Jepang, Tiongkok dan Korea Selatan.

Ketua Komisi Keselamatan Umum Nasional Jin Matsubara dan Menteri Pertanahan Yuichiro Hata hari Rabu ziarah ke tugu Yasukuni Tokyo, yang menghormati pahlawan yang gugur dalam perang, termasuk sebagian yang dinyatakan bersalah melakukan kejahatan perang.

Kunjungan itu, yang diadakan bertepatan dengan genapnya 67 tahun penyerahan Jepang dalam Perang Dunia Kedua, adalah yang pertama dilakukan menteri sejak Partai Demokrat berkuasa tahun 2009, dengan menjanjikan hubungan yang lebih baik dengan negara-negara tetangga Tokyo di Asia.

Walaupun hubungan ekonomi antara Seoul dan Tokyo kuat, perasaan anti-Jepang meluas di Korea Selatan. Jepang menerapkan kekuasaan kolonial yang keras terhadap Korea Selatan dan daerah-daerah Tiongkok pada masa paruh pertama abad yang lalu.
XS
SM
MD
LG