Tautan-tautan Akses

Hu Jintao: Rusia dan Tiongkok Selesaikan Sengketa Perbatasan


Presiden Rusia Dmitry Medvedev (kanan) menyalami Presiden Tiongkok Hu Jintao dalam upacara penyambutan di Kremlin, Moskow (16/6).

Presiden Rusia Dmitry Medvedev (kanan) menyalami Presiden Tiongkok Hu Jintao dalam upacara penyambutan di Kremlin, Moskow (16/6).

Hu berada di Moskow bersama Presiden Rusia Dmitry Medvedev memperingati ulang-tahun ke-10 Perjanjian Bertetangga baik hari Kamis.

Presiden Tiongkok Hu Jintao mengatakan Tiongkok dan Rusia telah menyelesaikan sengketa perbatasan mereka dan sekarang kedua negara adalah mitra strategis yang penting satu sama lain.

Hu berada di Moskow hari Kamis ketika dia dan Presiden Rusia Dmitry Medvedev memperingati ulang-tahun ke-10 Perjanjian Bertetangga baik.

Perjanjian itu memperkuat persahabatan Tiongkok-Rusia setelah ketegangan puluhan tahun dan sengketa perbatasan ketika kedua negara adalah negara komunis terkuat.

Hu mengatakan hubungan Tiongkok-Rusia akan selalu prioritas kebijakan luar negeri Tiongkok. Ia mengatakan hubungan erat mereka telah mendatangkan pembangunan dan manfaat besar bagi rakyat mereka dan menggalakkan perdamaian dan kestabilan dunia.

Ia mengemukakan bahwa perdagangan bilateral telah meningkat dari hanya 6 milyar dolar tahun 2000 hingga 60 milyar dolar tahun lalu.

Medvedev mengatakan pembicaraannya di Kremlin dengan Presiden Hu dipusatkan pada cara Tiongkok dan Rusia dapat memperdalam hubungan mereka melalui perdagangan, kerjasama dalam teknologi, pariwisata dan kontak antara anak-anak Rusia dan Tiongkok.

XS
SM
MD
LG