Tautan-tautan Akses

Hu Jintao Kunjungi Ukraina untuk Perkuat Hubungan Ekonomi dan Politik


Presiden Ukraina, Viktor Yanukovich (kiri) mengadakan acara jamuan kehormatan bagi Presiden Tiongkok Hu Jintao (18/6).

Presiden Ukraina, Viktor Yanukovich (kiri) mengadakan acara jamuan kehormatan bagi Presiden Tiongkok Hu Jintao (18/6).

Lawatan Presiden Hu Jintao adalah yang pertama oleh kepala negara Tiongkok ke Ukraina dalam lebih dari satu dekade.

Presiden Tiongkok Hu Jintao memulai lawatan kenegaraan ke Ukraina untuk meningkatkan hubungan ekonomi dan politik dengan negara Eropa Timur itu.

Menteri Luar Negeri Ukraina Konstantin Grishchenko hari Sabtu menyambut Presiden Hu dan istrinya ketika mereka tiba di Bandara Simferopol di Krimea. Dari sana, mereka melanjutkan perjalanan ke kota Yalta di pantai Laut Hitam.

Hari Sabtu, Presiden Ukraina Viktor Yanukovich mengadakan makan malam untuk menghormati tamu dari Tiongkok itu.

Lawatan Hu adalah yang pertama oleh kepala negara Tiongkok ke Ukraina dalam lebih dari satu dekade. Presiden Yanukovych melakukan kunjungan kenegaraan ke Tiongkok September lalu. Kedua negara menjalin hubungan diplomatik 19 tahun lalu.

Presiden Hu akan berkunjung ke ibukota Kiev hari Minggu untuk mengadakan pembicaraan resmi dengan para pemimpin Ukraina hari Senin. Dalam pembicaraan itu, kedua pihak diperkirakan akan menandatangani pernyataan mengenai kerjasama di masa depan dalam perekonomian, keamanan dan kebudayaan. Kantor berita resmi Tiongkok Xinhua mengatakan, kedua negara berusaha meningkatkan volume perdagangan bilateral dari dibawah delapan milyar dolar tahun lalu menjadi 10 miliar dolar tahun 2012.

Laporan itu menyebutkan Tiongkok dan Ukraina juga bisa menerapkan proyek-proyek besar bersama dan meningkatkan kerjasama dalam bidang sains, teknologi dan pertanian.

XS
SM
MD
LG