Tautan-tautan Akses

Filipina Pindahkan Tiang-Tiang di Laut Cina Selatan yang Disengketakan


Tiongkok memasang bangunan dan tiang berbendera Tiongkok di kepulauan Spratly yang disengketakan.

Tiongkok memasang bangunan dan tiang berbendera Tiongkok di kepulauan Spratly yang disengketakan.

Filipina memprotes bahwa Tiongkok telah memasang tiang bertanda di daerah yang diklaim Filipina sebagai zona ekonomi eksklusifnya.

Pejabat-pejabat militer di Filipina mengatakan angkatan laut mereka telah memindahkan sejumlah tiang-tiang bertanda dari terumbu karang di Laut Cina Selatan, yang sama-sama diklaim oleh Filipina dan Tiongkok.

Pejabat-pejabat Filipina hari Rabu mengatakan tiang-tiang tersebut telah dipindahkan bulan Mei lalu, beberapa saat sebelum pemerintah Filipina memprotes bahwa Tiongkok telah membongkar muatan bahan bangunan dan memasang tiang bertanda di daerah yang diklaim Filipina sebagai zona ekonomi eksklusifnya.

Tiongkok membalas bahwa pihaknya bertindak sesuai hukum di wilayah yang berada di bawah administrasinya.

Tiongkok terlibat dengan sengketa serupa dengan Vietnam setelah kapal-kapal Tiongkok dua kali mengganggu oleh kapal-kapal survei minyak yang beroperasi di lepas pantai Vietnam.

Filipina dan Vietnam yang sama-sama mencari dukungan Amerika dalam sengketa ini, yang mengundang teguran tajam dari Tiongkok.

Berbicara dalam sebuah acara yang dihadiri Presiden Benigno Aquino hari Selasa, Duta Besar Amerika Untuk Filipina Harry Thomas meyakinkan Filipina akan dukungan pemerintah Amerika “dalam semua hal”, termasuk soal Laut Cina Selatan dan kepulauan Spratly.

XS
SM
MD
LG