Tautan-tautan Akses

Harga Saham VW Anjlok Menyusul Berita Pemalsuan Data Emisi


Para pekerja di pabrik perakitan mobil Volkswagen di Chattanooga, negara bagian Tennessee, AS (foto: dok).

Para pekerja di pabrik perakitan mobil Volkswagen di Chattanooga, negara bagian Tennessee, AS (foto: dok).

Berita menyebutkan bahwa banyak mobil Volkswagen (VW) berbahan bakar diesel yang beredar di Amerika, dilengkapi piranti lunak yang dapat memalsukan data emisi.

Harga saham perusahaan mobil Jerman Volkswagen (VW) anjlok lebih dari 13 persen, Senin, hanya beberapa menit setelah Bursa Saham Frankfurt dibuka, menyusul munculnya berita-berita yang menyebutkan bahwa banyak mobil berbahan bakar dieselnya yang beredar di Amerika dilengkapi piranti lunak yang dapat memalsukan data emisi.

Tren itu berlanjut hingga perdagangan pada pertengahan pagi, yang menunjukkan harga saham VW turun lebih dari 20 persen.

Penurunan besar itu terjadi satu hari setelah CEO Volkswagen Martin Winterkorn meminta maaf atas insiden yang merusak kepercayaan konsumen VW itu, dengan mengatakan bahwa perusahaan tersebut akan bekerja sama sepenuhnya dengan penyelidikan pihak luar.

Penjualan beberapa mobil diesel Volkswagen telah dihentikan di Amerika.

Hari Jumat, Badan Perlindungan Lingkungan Amerika (EPA) telah memerintahkan Volkswagen menarik hampir 500.000 kendaraannya dari peredaran karena melanggar UU udara bersih Amerika.

XS
SM
MD
LG