Tautan-tautan Akses

2 Warga Tibet Bakar Diri, Seorang Tewas


Warga Tibet di pengasingan di Dharmsala, India melakukan doa bersama bagi dua warga Tibet yang melakukan aksi bakar diri (7/8).

Warga Tibet di pengasingan di Dharmsala, India melakukan doa bersama bagi dua warga Tibet yang melakukan aksi bakar diri (7/8).

Seorang perempuan bernama Dolkar Kyi tewas di biara Tso di provinsi Gansu hari Selasa setelah menyulut dirinya dengan api.

Organisasi HAM yang berbasis di London mengatakan dua lagi warga Tibet yang membakar diri di Tiongkok barat laut sekurangnya salah seorang diantaranya tewas.

Organisasi Free Tibet yang berbasis di Inggris mengatakan seorang perempuan bernama Dolkar Kyi tewas di biara Tso di provinsi Gansu hari Selasa setelah menyulut dirinya dengan api.

Free Tibet juga mengatakan seorang biarawan berusia 21 tahun dari biara Kirti di provinsi Sichuan membakar dirinya hari Senin namun diperkirakan selamat. Biarawan itu yang diketahui bernama Lobsang Tsultrim, dilaporkan dibawa oleh pihak berwenang tapi kondisi serta lokasinya saat ini tidak diketahui. Free Tibet mengatakan Tsultrim di pukuli oleh pasukan Tiongkok tahun 2008 karena ikut serta dalam demonstrasi anti pemerintah.

Warga Tibet sejak lama menuduh Tiongkok mengikis budaya mereka dengan membanjiri kawasan Tibet dengan warga Han. Tiongkok mengatakan warga Tibet menikmati kebebasan beragama dan standar hidup yang lebih tinggi dari hasil pembangunan ekonomi Tiongkok.
XS
SM
MD
LG