Tautan-tautan Akses

Lagi, 2 Warga Tibet Lakukan Aksi Bakar Diri


Warga Tibet di Taipei, Taiwan melakukan unjuk rasa dengan membawa potret para korban tewas dalam aksi bakar diri di Tibet (foto: dok).

Warga Tibet di Taipei, Taiwan melakukan unjuk rasa dengan membawa potret para korban tewas dalam aksi bakar diri di Tibet (foto: dok).

Aksi itu dilakukan sebagai protes untuk menuntut kemerdekaan Tibet dan ungkapan rasa cinta terhadap pemimpin Tibet di pengasingan, Dalai Lama.

Dua lagi anak muda Tibet bakar diri, sambil menyerukan kemerdekaan Tibet dan ungkapan rasa cinta pada Dalai Lama – pemimpin spiritual mereka di pengasingan.

Beberapa pemimpin Tibet di pengasingan mengatakan dua aktivis yang berusia 22 dan 24 tahun, membawa bendera nasional Tibet ketika melakukan aksi protes Rabu sore di daerah etnis Tibet di propinsi Qinghai – Tiongkok Barat. Laporan-laporan sebelumnya mengutip para saksi mata yang mengatakan salah seorang demonstran tewas, sementara kondisi dan keberadaan seorang demonstran lainnya tidak diketahui.

Sebuah pernyataan tertulis oleh kedua demonstran itu mengatakan, “orang seperti kami tidak bisa memberi sumbangan apapun pada agama dan kebudayaan Tibet, atau menyumbang secara ekonomi untuk membantu warga Tibet”. Mereka mengatakan mereka memilih untuk bakar diri “guna menunjukkan cinta kami pada warga Tibet dan kesetiaan kami pada Dalai Lama”. Video bakar diri yang dikirim ke komunitas Tibet di pengasingan tiba di VOA Siaran Tibet dalam beberapa jam, dan segera menyebar di internet.

Pemerintah Tiongkok yang menganggap Tibet merupakan bagian dari Tiongkok yang tidak dapat dirundingkan, telah mengutuk keras demonstrasi seperti itu – yang mulai terjadi 15 bulan lalu – setelah pasukan keamanan Tiongkok berusaha menutup daerah itu guna mencegah aksi demonstrasi semacam itu.

XS
SM
MD
LG