Tautan-tautan Akses

AS Nilai Aksi Bakar Diri di Tibet sebagai Tindakan Putus Asa


Wakil Menlu AS Maria Otero saat diwawancarai oleh VOA siaran bahasa Tibet, Jumat (22/6).

Wakil Menlu AS Maria Otero saat diwawancarai oleh VOA siaran bahasa Tibet, Jumat (22/6).

Pejabat Deplu AS juga menolak pernyataan Tiongkok bahwa pemimpin spiritual Dalai Lama mendorong protes berapi-api itu.

Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan serangkaian aksi bakar diri di kawasan Tibet, di Tiongkok barat daya bukan ulah pembuat onar seperti yang dikatakan oleh Tiongkok, melainkan tindakan orang yang putus asa karena tidak memperoleh hak-hak dasar mereka.

Wakil Menlu Amerika Maria Otero berbicara kepada VOA siaran bahasa Tibet dalam wawancara panjang lebar di mana ia juga menolak pernyataan Tiongkok bahwa pemimpin spiritual Dalai Lama mendorong protes berapi-api itu.

Otero juga melontarkan kecaman baru terhadap Beijing atas penindasannya yang terus menerus terhadap pembangkang Tibet, bukannya berdialog dengan pejabat Tibet untuk meredakan ketegangan di wilayah Tibet di Tiongkok. Dia mengatakan anggota stafnya telah membahas kondisi di Tibet timur dengan para bhiksu dan mendapati bahwa mereka jelas berkomitmen pada cara kehidupan mereka.

Otero berbicara pada hari yang sama ketika dua aktivis Tibet membakar diri mereka untuk memprotes tidak adanya kebebasan di bawah pemerintahan Tiongkok.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG