Tautan-tautan Akses

Demonstran Anti Penghematan dan Polisi Jerman Bentrok di Frankfurt


Polisi Jerman menghalangi seorang demonstran yang berusaha mendekati markas Bank Sentral Eropa (ECB) di Frankfurt, hari Rabu (18/3).

Polisi Jerman menghalangi seorang demonstran yang berusaha mendekati markas Bank Sentral Eropa (ECB) di Frankfurt, hari Rabu (18/3).

Polisi Jerman bentrok dengan para demonstran anti langkah-langkah penghematan di luar markas Bank Sentral Eropa (ECB) di Frankfurt, hari Rabu (18/3).

Polisi Jerman hari Rabu (18/3) bentrok dengan para demonstran anti-penghematan di luar markas baru Bank Sentral Eropa (ECB) di Frankfurt, menjelang upacara pembukaan gedung dengan dua menara tersebut.

Empat belas polisi menderita cedera ringan akibat lemparan batu para demonstran. Lainnya terkena gas air mata atau cairan tak dikenal, tetapi segera pulih dan kemudian kembali bertugas. Polisi mengatakan sekitar 350 orang ditangkap, sementara sebagian besar dari sekitar 10 ribu demonstran berdemonstrasi secara damai.

Demonstran mengatakan mereka menarget Bank Sentral Eropa itu karena peran institusi itu dalam menerapkan langkah-langkah penghematan guna menekan pengeluaran dan mengurangi utang di negara-negara yang mengalami masalah keuangan seperti Yunani.

Pemimpin-pemimpin Jerman mengecam aksi kekerasan itu tetapi membela hak-hak para aktivis untuk menyampaikan protes terhadap Bank Sentral Eropa. “Tidak seorang pun berhak membahayakan nyawa polisi dan petugas pemadam kebakaran” ujar Menteri Keuangan Jerman Wolfgang Schaeuble kepada para wartawan di Berlin.

Meski terjadi aksi kekerasan, upacara pembukaan gedung baru itu berlangsung sesuai rencana.Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi mengatakan kantor baru bagi otoritas moneter Eurozone itu merupakan simbol apa yang bisa dicapai Eropa. Ia menolak tuduhan bahwa bank itu bertanggungjawab atas penderitaan ekonomi yang dialami sebagian warga Eropa, dengan mengatakan tindakannya “semata-mata hanya memberi perlindungan terhadap masalah ekonomi yang ada”.

XS
SM
MD
LG