Tautan-tautan Akses

Biden Jamin investasi Tiongkok di AS Aman


Wapres Tiongkok Xi Jinping (kiri) mendampingi Wapres AS Joe Biden dalam upacara penyambutan di Beijing (18/8).

Wapres Tiongkok Xi Jinping (kiri) mendampingi Wapres AS Joe Biden dalam upacara penyambutan di Beijing (18/8).

Tiongkok memegang sekitar 1 triliun dolar obligasi Amerika, yang membuat Tiongkok menjadi kreditor asing terbesar di Amerika Serikat.

Wakil Presiden Amerika Joe Biden, dalam kunjungan selama 4 hari di Tiongkok, memberikan jaminan kepada para pemimpin negara itu bahwa ekonomi Amerika Serikat sehat dan investasi Tiongkok di Amerika aman.

Tiongkok memegang kira-kira 1 triliun dolar obligasi Amerika, yang membuat Tiongkok menjadi kreditor asing terbesar Amerika Serikat. Tiongkok telah menyatakan keprihatinan mereka mengenai persetujuan untuk menaikkan pagu utang Amerika dan bahwa Amerika hampir gagal menghindarkan penunggakan hutang, tidak cukup untuk mengurangi defisit anggaran Amerika.

Pemerintahan Obama mengatakan Tiongkok juga mempunyai masalah ekonomi. Amerika telah berkali-kali menuntut Tiongkok agar membiarkan nilai mata-uangnya naik terhadap dolar Amerika, dan mengeluh bahwa Beijing sengaja merendahkan nilai mata uangnya.

Para pejabat Amerika juga mengatakan Biden akan membicarakan keprihatinan Washington mengenai hak azasi manusia dengan para pemimpin Tiongkok.

XS
SM
MD
LG