Tautan-tautan Akses

Wapres AS Melawat ke Jepang


Wapres AS Joe Biden (kiri) disambut oleh PM Jepang Naoto Kan di rumah kediaman PM Jepang di Tokyo (23/8).

Wapres AS Joe Biden (kiri) disambut oleh PM Jepang Naoto Kan di rumah kediaman PM Jepang di Tokyo (23/8).

Dalam kunjungan ini, Wapres AS Biden akan membicarakan kerjasama pembangunan kembali daerah-daerah Jepang yang dilanda gempa-bumi dan tsunami.

Wakil Presiden Amerika Joe Biden memulai kunjungan di Jepang, persinggahan terakhir dalam lawatannya di Asia, setelah sebelumnya mengunjungi Tiongkok dan Mongolia.

Biden dijadwalkan akan bertemu dengan Perdana Menteri Jepang Naoto Kan, Selasa, untuk membicarakan kerjasama pembangunan kembali daerah-daerah Jepang yang dilanda gempa-bumi dan tsunami bulan Maret.

Selanjutnya, pada hari yang sama, Biden akan berkunjung ke Sendai, kota besar yang rusak akibat kedua bencana. Rencananya Biden akan berpidato mengenai pembangunan kembali di bandar udara setempat, dimana pasukan Amerika melakukan tugas mereka.

Hari Rabu, Biden akan mengunjungi para pejabat Kedutaan Amerika di Tokyo dan pangkalan Angkatan Udara Amerika di daerah itu.

Kantor berita Jepang Kyodo melaporkan bahwa Biden tiba di Tokyo Senin malam dari Mongolia. Wakil Presiden Amerika itu singgah sehari di ibukota Mongolia Ulaanbataar untuk berbicara dengan Presiden Tsakhia Elbegdorj, Perdana Menteri Sukhbaatar Batbold dan para pejabat lain mengenai kerjasama ekonomi dan pertahanan yang lebih erat. Ia mengucapkan terima kasih kepada negara itu atas sumbangannya bagi operasi militer di Irak dan Afghanistan serta operasi penjagaan perdamaian lain.

Biden memulai perlawatan Asia-nya Rabu lalu di Tiongkok. Dalam kunjungan 5 hari itu, ia bertemu dengan Presiden Hu Jintao, Perdana Menteri Wen Jiabao dan para pejabat tinggi lain untuk membicarakan masalah-masalah ekonomi.

XS
SM
MD
LG