Tautan-tautan Akses

Wapres Tiongkok Yakin Perekonomian AS Akan Pulih


Wapres AS Joe Biden (tengah) dan Wapres Tiongkok Xi Jinping saat mengadakan dialog dengan para pengusaha Tiongkok di Beijing (19/8).

Wapres AS Joe Biden (tengah) dan Wapres Tiongkok Xi Jinping saat mengadakan dialog dengan para pengusaha Tiongkok di Beijing (19/8).

Wapres Tiongkok Xi Jinping berusaha meredakan kecemasan pengusaha Tiongkok mengenai situasi ekonomi AS saat pertemuan dengan Wapres AS Joe Biden.

Pembicaraan resmi antara wakil presiden Amerika Joe Biden dengan para pemimpin Tiongkok, di hari kedua kunjungan Biden di Beijing, menyepakati bahwa AS dan Tiongkok akan memperbarui komitmen kerjasama bilateral.

Dalam pertemuan tersebut, Beijing menyatakan keyakinan bahwa perekonomian Amerika yang sedang terpuruk akan bangkit kembali.

Biden mengatakan kepada presiden Hu Jintao bahwa ia dikirim ke Beijing untuk mengukuhkan kembali komitmen mutlak Washington pada hubungan yang kuat dan tahan lama dengan Tiongkok.

Sebelumnya, dalam pertemuan dengan Biden dan para pengusaha, Wapres Tiongkok Xi Jinping berusaha meredakan kecemasan pengusaha Tiongkok mengenai situasi ekonomi Amerika dengan mengatakan, perekonomian Amerika tahan banting dan memiliki kemampuan besar untuk memulihkan diri.

Tiongkok adalah kreditor terbesar Amerika, dengan memegang sekitar 1 trilyun dolar utang Amerika.

XS
SM
MD
LG