Tautan-tautan Akses

Bank Sentral AS Menimbang Langkah untuk Dorong Pertumbuhan Ekonomi


Ketua Federal Resereve, Ben Bernanke (foto: dok). Pejabat bank sentral mengadakan pertemuan 2 hari di Washington untuk membahas langkah mendorong perekonomian.

Ketua Federal Resereve, Ben Bernanke (foto: dok). Pejabat bank sentral mengadakan pertemuan 2 hari di Washington untuk membahas langkah mendorong perekonomian.

Para penyusun kebijakan Bank Sentral hari Selasa dan Rabu membahas opsi-opsi sebelum mengumumkan langkah untuk mendorong perekonomian.

Para pejabat Bank Sentral Amerika bertemu di Washington, untuk mempertimbangkan apakah langkah-langkah baru diperlukan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan mengurangi angka pengangguran yang terus-menerus tinggi.

Pembuat kebijakan Bank Sentral hari Selasa dan Rabu ini membahas berbagai pilihan sebelum mengumumkan tindakan apa yang akan diambil untuk memacu ekonomi Amerika, yang terbesar di dunia. Ekonomi Amerika hanya bertambah 1,5 persen dalam periode April sampai Juni, sementara tingkat pengangguran tak beranjak selama 41 bulan berturut-turut diatas 8 persen-- tingkat yang sangat tinggi.

Kalangan ekonoom Amerika terbagi pendapat mengenai apakah bank sentral akan bertindak sekarang atau menunggu sampai September, setelah mengumpulkan informasi lebih banyak tentang tren ekonomi Amerika. Pemerintah hari Jumat akan mengeluarkan laporan angka pengangguran dan pertumbuhan lapangan kerja bulan Juli.

Berbagai upaya Bank Sentral belum secara signifikan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dari resesinya tahun 2009 -- yang terburuk dalam tujuh dekade. Bank Sentral Amerika telah dua kali membeli obligasi Amerika dan sekuritas hipotek dalam upayanya menurunkan suku bunga jangka panjang -- yang dikatakan beberapa analis mungkin akan dilakukannya lagi.

Sementara itu, tingkat kepercayaan konsumen Amerika naik bulan Juli setelah empat bulan turun. Ini gambaran lebih baik mengenai penerimaan pegawai untuk jangka pendek dan harga BBM yang turun, mengimbangi kekhawatiran sampai sekarang tentang ekonomi Amerika dan pertumbuhan pendapatannya yang mengecewakan.

The Conference Board hari Selasa mengatakan bahwa indeks kepercayaan konsumen naik menjadi 65,9 dari 62,7 bulan Juni. Itu merupakan yang tertinggi sejak April dan lebih baik dari pembacaan 62 yang tadinya diperkirakan oleh kalangan ekonoom.

Meskipun demikian, indeks tersebut masih jauh di bawah 90, yang merupakan standar bagi ekonomi sehat. Belum pernah indeks ini mendekati tingkat itu sejak resesi besar dimulai bulan Desember 2007. Indeks jatuh ke tingkatnya yang terendah 25,3 bulan Februari 2009 - empat bulan sebelum resesi resmi berakhir.

Kepercayaan konsumen diamati secara seksama karena pengeluaran konsumen menggerakkan 70 persen dari aktivitas perekonomian Amerika. Sebuah laporan terpisah dari Departemen Perdagangan hari Selasa menunjukkan pengeluaran orang Amerika bulan Juni sama saja dengan bulan Mei, meskipun pendapatan mereka meningkat sebesar 0.5 persen.

Laporan kepercayaan konsumen ini didasarkan pada jajak pendapat yang dilakukan dari 1 Juli sampai 19 Juli pada sekitar 500 orang yang dipilih secara acak di seluruh pelosok Amerika.

Lynn Franco, direktur indikator ekonomi pada The Conference Board, mengatakan sikap konsumen terhadap kondisi saat ini tidak banyak berubah bulan Juli, dan indeks itu secara menyeluruh tetap pada tingkat yang rendah sepanjang masa.
XS
SM
MD
LG