Tautan-tautan Akses

Bank-Bank Swasta Harus Hapus Lebih 50 Persen Piutang Yunani


Presiden Perancis Nicolas Sarkozy dan Kanselir Jerman Angela Merkel belum mencapai kesepakatan bersama soal solusi utang Yunani.

Presiden Perancis Nicolas Sarkozy dan Kanselir Jerman Angela Merkel belum mencapai kesepakatan bersama soal solusi utang Yunani.

Obligasi Yunani yang dihapus 50-60 persen masih menyisakan beban utang negara itu yang lebih besar dari PDB sebelum tahun 2020.

Para pemimpin internasional mengatakan bank-bank swasta yang meminjamkan dana kepada Yunani mungkin terpaksa harus menghapuskan lebih dari separuh piutang mereka kepada negara yang dililit utang itu.

Hasil peninjauan terbaru oleh para pakar Uni Eropa dan Dana Moneter Internasional menunjukkan bahwa obligasi Yunani yang dihapus 50 hingga 60 persen masih menyisakan beban utang negara itu yang lebih besar dari produk domestik bruto tahunan sebelum tahun 2020.

Para menteri keuangan Uni Eropa hari Jumat menyetujui 11 milyar dolar lagi kucuran dari dana talangan internasional tahun 2010 untuk mencegahnya bangkrut. Dengan demikian, hanya IMF yang belum menanda-tangani kucuran tersebut, bagian dari dana talangan 159 milyar dolar.

Para pemimpin Eropa akan mengadakan pertemuan hari Minggu dan kemudian Rabu depan untuk membicarakan cara menstabilkan bank-bank yang menghadapi rugi yang sangat besar dari utang Yunani dan bagaimana meningkatkan dana talangan zona euro.

Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Perancis Nicolas Sarkozy belum dapat mencapai kesepakatan mengenai rencana bersama. Mereka akan bertemu hari ini di Brussels untuk berusaha mencapai persetujuan menjelang pertemuan puncak Uni Eropa hari Minggu.

XS
SM
MD
LG