Tautan-tautan Akses

Perancis dan Jerman Janjikan Respon Cepat Atasi Krisis Ekonomi Eropa


Kanselir Jerman Angela Merkel (kanan) dan Presiden Perancis Nicolas Sarkozy (kiri) dalam jumpa pers pasca-rapat krisis keuangan di Berlin, Jerman, Minggu (9/10).

Kanselir Jerman Angela Merkel (kanan) dan Presiden Perancis Nicolas Sarkozy (kiri) dalam jumpa pers pasca-rapat krisis keuangan di Berlin, Jerman, Minggu (9/10).

Presiden Prancis Nicolas Sarkozy dan Kanselir Jerman Angela Merkel membahas utang dan rekapitalisasi bank untuk mengatasi krisis ekonomi di Eropa.

Prancis dan Jerman menjanjikan respons yang cepat, tahan lama dan bersifat global terhadap krisis ekonomi Eropa.

Presiden Prancis Nicolas Sarkozy dan Kanselir Jerman Angela Merkel melakukan pembicaraan darurat hari Minggu di Berlin membahas cara mencegah krisis utang menular ke bank-bank Eropa yang goyah.

Kedua pemimpin tidak memberikan rincian rencana mereka, yang menurut Kanselir Merkel masih digarap. Tetapi Sarkozy mengatakan rencana itu mencakup rekapitalisasi bank. Dikatakan rencana itu akan siap pada waktu Prancis menjadi tuan rumah KTT 20 negara industri dan berkembang awal bulan depan. Juga hari Minggu, Prancis, Belgia dan Luxembourg menyetujui kesepakatan untuk menyelamatkan bank Dexia dari keruntuhan.

Rincian kesepakatan itu tidak diumumkan. Media belgia mengatakan rencana itu mencakup pembubaran bank, penjualan bagian-bagiannya yang sehat, dan menempatkan aset yang bermasalah dalam sebuah ‘bank buruk’ yang didukung pemerintah.

Dexia sebagian dimiliki Prancis dan Belgia. Dexia adalah bank Eropa pertama yang menghadapi keruntuhan karena krisis eurozone yang mulai timbul ketika Yunani membutuhkan dana talangan 159 milyar dolar tahun lalu.

XS
SM
MD
LG