Tautan-tautan Akses

Uni Eropa Hampir Sepakati Penghapusan Setengah Utang Yunani


Para pejabat Uni Eropa mendekati kesepakatan untuk menghapuskan hampi separuh utang pemerintah Yunani (foto: dok).

Para pejabat Uni Eropa mendekati kesepakatan untuk menghapuskan hampi separuh utang pemerintah Yunani (foto: dok).

Persetujuan ini, jika disepakati, bisa membebani lembaga-lembaga finansial Eropa dengan kerugian 243 miliar dolar.

Uni Eropa mengatakan pihaknya hampir selesai menyusun persetujuan dengan bank-bank di Eropa untuk menghapuskan sekitar setengah dari utang Yunani, sebuah persetujuan yang bisa membebani lembaga-lembaga finansial dengan kerugian 243 miliar dolar.

Seorang jurubicara untuk komisaris urusan ekonomi Uni Eropa mengatakan Senin, para pemimpin benua itu jelas menginginkan bank-bank mencapai persetujuan sukarela untuk mengurangi beban utang Yunani sebesar 486 miliar dolar.

Namun, sejauh ini perunding Uni Eropa dan bank belum mencapai kata akhir. Blok beranggotakan 27 negara itu mendesak bank-bank untuk menanggung kerugian sebesar 60 persen, sementara bank-bank bersedia menanggung 40 persen.

Seorang diplomat mengatakan, angka akhir kemungkinan akan berada di tengah.

Hari Sabtu, para Menteri Keuangan Eropa di Brussels, Belgia, menyetujui penyuntikan dana sekitar 140 miliar dolar ke bank-bank Eropa untuk melindungi mereka dari kerugian jika Yunani gagal membayar utang.

Dalam pertemuan di Brussels, ke-17 negara pengguna mata uang euro (eurozone) menyetujui dana talangan sebesar 596 miliar dolar, tetapi belum merinci bagaimana mengumpulkan dana itu.

XS
SM
MD
LG