Tautan-tautan Akses

Kabinet Yunani Dukung Gagasan Referendum


Perdana Menteri Yunani George Papandreou

Perdana Menteri Yunani George Papandreou

Pemungutan suara Yunani mengenai keputusan dana talangan Uni Eropa akan dilaksanakan sesegera mungkin.

Para menteri kabinet Yunani memberi dukungan pada rencana Perdana Menteri George Papandreou untuk mengadakan referendum mengenai persetujuan dana talangan dengan Uni Eropa.

Juru bicara pemerintah Yunani mengatakan setelah rapat maraton kabinet, Rabu pagi, bahwa pemungutan suara rakyat akan diadakan secepat mungkin setelah rincian persetujuan dana talangan terbaru dibuat.

Pengumuman Papandreou mengenai rencana referendum mengagetkan dunia pada hari Selasa dan mengakibatkan harga-harga di bursa efek global anjlok ketika para penanam modal bereaksi terhadap guncangan besar ketidakpastian dalam ekonomi Eropa.

Perdana Menteri mengatakan kepada kabinetnya bahwa pemerintah akan menanyakan warga Yunani mereka ingin tetap menggunakan mata uang euro. Ia mengatakan setiap kesepakatan dengan Uni Eropa hanya akan dilaksanakan dengan persetujuan rakyat Yunani, dan bahwa ia berharap setiap keguncangan yang disebabkan oleh pengumumannya yang tidak diduga-duga itu hanya berlangsung sementara.

Sejumlah anggota parlemen dari partainya Perdana Menteri, Partai Sosialis, menentang referendum. Sebagian anggota partai menuntut peletakan jabatan Papandreou dan pemerintahannya menghadapi mosi tidak percaya hari Jumat di Parlemen.

Papandreou selama ini dengan kuat mendukung gagasan Uni Eropa untuk memotong utang Yunani, yang mengharuskan pemotongan besar anggaran program sosial dan kenaikan pajak. Gagasan tersebut juga hendak menghapuskan pekerjaan yang sekarang dipegang oleh ribuan pegawai pemerintah.

Persyaratan persetujuan terbaru yang ditawarkan oleh Uni Eropa mengharuskan bank-bank Eropa menghapuskan 50 persen utang Yunani. Ini tampaknya menenangkan pasar yang gundah pada awalnya, tetapi kemudian Papandreou mengatakan kepada para anggota parlemen dari Partai Sosialis, Selasa, bahwa ia akan mematuhi hasil referendum.

XS
SM
MD
LG