Tautan-tautan Akses

AS Ingin Perluas Operasi Rahasia CIA di Pakistan


Direktur CIA, Leon Panetta melakukan kunjungan ke Pakistan awal bulan ini.

Direktur CIA, Leon Panetta melakukan kunjungan ke Pakistan awal bulan ini.

AS telah meminta kepada Islamabad agar mengizinkan lebih banyak perwira CIA dan pelatih operasi khusus militer ke Pakistan.

Satu surat kabar terkemuka Amerika mengatakan Washington ingin memperluas operasi rahasia Badan Intelijen Pusat Amerika (CIA) di Pakistan yang bertujuan untuk melenyapkan tempat-tempat persembunyian militan Islam dekat perbatasan Afghanistan.

Harian Wall Street Journal melaporkan Jumat malam Amerika Serikat telah meminta kepada Pakistan dalam beberapa pekan ini agar mengizinkan lebih banyak perwira CIA dan pelatih operasi khusus militer ke negara itu untuk turut dalam usaha Washington meningkatkan tekanan terhadap militan.

Laporan itu mengatakan Islamabad telah menolak permohonan untuk menggelar petugas tambahan karena Pakistan tetap “sangat khawatir akan kehadiran Amerika yang lebih besar di darat Pakistan. Suratkabar tadi melaporkan jumlah petugas CIA di Pakistan sangat rahasia, tetapi mengatakan jumlahnya telah banyak meningkat dalam beberapa tahun ini.

Wall Street Journal mengatakan Washington menghendaki Islamabad mengambil tindakan yang lebih agresif terhadap kelompok-kelompok yang bersekutu dengan al-Qaida.

XS
SM
MD
LG