Tautan-tautan Akses

AS akan Bantu Pakistan Atasi Pemberontak di Perbatasan


AS akan Bantu Pakistan Atasi Pemberontak di Perbatasan

AS akan Bantu Pakistan Atasi Pemberontak di Perbatasan

Amerika akan menawarkan 2 milyar dolar untuk membantu melawan pemberontak di perbatasan Pakistan Afghanistan.

Pejabat Amerika dan Pakistan mengadakan pertemuan di Washington hari ini untuk memulai babak ketiga dialog strategis yang dimulai tahun ini.

Menteri Luar Negeri Hillary Clinton dan Menteri Luar Negeri Pakistan, Shah Mehmood Qureshi, akan memimpin pembicaraan 3 hari itu. Amerika diperkirakan akan menawarkan kepada Pakistan sampai sebesar 2 milyar dolar dalam 5 tahun untuk membantu melawan pemberontak di perbatasannya dengan Afghanistan.

Tawaran itu dipandang sebagai bagian dari usaha untuk meredakan ketegangan akibat serangan NATO dan militer Amerika disisi Pakistan dari perbatasan. Ketidak sabaran Amerika atas keraguan Pakistan melawan pemberontak di perbatasan Pakistan Afghanistan juga menimbulkan ketegangan.

Jurubicara Gedung Putih Robert Gibbs mengatakan hari Selasa bahwa Pakistan sudah mulai lebih aktif bekerjasama dan pertemuan minggu ini akan menjadi kesempatan bagi para pejabat Amerika untuk memberi garis besar kepada Pakistan langkah lebih lanjut.

Presiden Amerika Barack Obama juga mengadakan pembicaraan mengenai Pakistan dan Afghanistan hari Rabu dengan para penasehat keamanan di Gedung Putih.

XS
SM
MD
LG