Tautan-tautan Akses

AS

AS Berupaya Cegah Rusia, China Lancarkan Konflik di Antariksa


Kapal induk pertama China terlihat di pelabuhan Dalian, Liaoning (foto: ilustrasi). Jenderal AS mengatakan, modernisasi militer China bisa mengurangi keunggulan teknologi militer AS.

Pejabat tinggi militer Amerika mengatakan, Amerika dengan giat sedang mengusahakan kemampuan untuk mencegah Rusia dan China melancarkan konflik di antariksa.

Ketika berbicara di Lembaga Studi Aerospace Mitchell Institute hari Jumat (9/12), Jenderal Jay Raymond, komandan antariksa angkatan udara Amerika mengatakan, kegiatan modernisasi militer China sebagian ditujukan untuk memperlemah keunggulan Amerika di antariksa dan tempat-tempat lain.

“Modernisasi militer China bisa mengurangi keunggulan teknologi militer Amerika,” katanya, mengutip laporan tahunan yang disampaikan oleh menteri Pertahanan Ash Carter kepada Kongres.

“Selain itu, China juga menumpahkan dana untuk mengembangkan kemampuan mengalahkan lawan-lawannya dan mencegah intervensi kalau terjadi krisis atau konflik,” tambahnya.

Karena itu, usaha Amerika memperkuat keunggulan di antariksa mencakup kerjasama dengan sekutu-sekutunya, kata Jenderal Raymond.

“Kemitraan koalisi kita telah berkembang dari sekedar membagi informasi menjadi usaha perang bersama,” katanya. Kerjasama itu akan merupakan kekuatan pencegah yang luar biasa, dan kita harus memperkuat kemampuan sekutu-sekutu kita dalam memanfaatkan antariksa, tambahnya.

Wakil-wakil angkatan udara dari Jepang dan Brazil yang hadir dalam ceramah di Mitchell Institute itu mengatakan, negara mereka sedang berusaha bekerja sama erat dengan Amerika di antariksa untuk menghadapi ancaman yang terus meningkat dalam bidang itu. [sp/ii]

XS
SM
MD
LG