Tautan-tautan Akses

Astronot AS Pertama yang Mengorbit Bumi Meninggal pada Usia 95


Astronot John Glenn berbicara dalam peringatan 50 tahun penerbangan Friendship 7 yang mengorbit Bumi. (Foto: Dok)

Obama memuji Glenn karena telah menciptakan rekor kecepatan transkontinental dan menjadi orang tertua yang pernah pergi ke luar angkasa.

Para pejabat Amerika mengatakan, John Glenn, astronot Amerika Serikat pertama yang mengorbit Bumi, telah meninggal dunia pada usia 95 tahun.

Glenn tutup usia Kamis (8/12), lebih dari sepekan setelah dirawat di Rumah Sakit Kanker James di Ohio State University (OSU), menurut juru bicara John Glenn College di OSU.

Presiden Barack Obama mengeluarkan pernyataan dengan mengatakan, dengan meninggalnya John Glenn, “bangsa Amerika telah kehilangan seorang ikon dan Michelle dan saya telah kehilangan seorang sahabat.”

Obama memuji Glenn karena telah menembus hambatan dalam hidupnya, termasuk menciptakan rekor kecepatan transkontinental dan menjadi orang tertua yang pernah pergi ke luar angkasa.

Glenn adalah anggota terakhir yang selamat dari suatu kelompok yang dikenal sebagai “the Mercury 7“ atau tujuh pilot uji coba militer yang terpilih dalam tahun 1959 menjadi astronot-astronot pertama Amerika.

Obama mengatakan dalam pernyataannya, “Astronot terakhir dari astronot-astronot pertama telah meninggalkan kita. Tetapi dipicu oleh teladan mereka” kita tahu bahwa masa depan kita di Bumi ini mengharuskan kita untuk terus berusaha mencapai surga."

Presiden terpilih Donald Trump menulis reaksinya di Twitter: "Hari ini kita kehilangan perintis besar udara dan antariksa John Glenn. Dia adalah seorang pahlawan dan menginspirasi penjelajah masa depan. Kita akan selalu merasa kehilangan Glenn."

Ellen Ochoa, direktur Pusat Antariksa Johnson NASA di Texas mengatakan Kamis: “Bangsa Amerika telah kehilangan seorang perintis yang memberikan sumbangan sangat besar kepada penerbangan manusia ke antariksa dan menginspirasi demikian banyak orang di seluruh dunia. Sementara kita kehilangan seorang pahlawan Amerika, kita tahu warisan Senator Glenn dan semangat keprintisannya akan terus hidup melalui karya yang kita lakukan setiap hari selagi kita terus memajukan usaha manusia dalam penjelajahan antariksa bagi kemanfaatan kemanusiaan.”

Setelah mengabdi sebagai pilot militer dalam Perang Dunia Kedua dan Konflik Korea, Glenn menjadi pilot uji coba pesawat-pesawat tempur Korps Marinir dan Angkatan Laut Amerika dan memperoleh tempat di kelas pertama para astronot Amerika yang dikumpulkan oleh Badan Aeronautika dan Antariksa Nasional Amerika NASA tahun 1958.

Glenn terus memenangkan berbagai penghargaan, termasuk gelar-gelar kehortmatan di sejumlah universitas, Piala Woodrow Wilson dalam Pelayanan Masyarakat, tanda penghargaan atas pengabdian masyarakat Senat Amerika, dan Medali Kepresidenan bagi Kebebasan. Ia juga memiliki aspirasi politik dan sempat menjadi senator. [sp]

XS
SM
MD
LG