Tautan-tautan Akses

AS

Astronot John Glenn Dipuji Karena Keberanian dan Pengabdiannya pada Negara


Mantan astronot John Glenn dalam peringatan 51 tahun penerbangan 'Friendship 7', 20 Februari 2013 (Foto: dok).

Mantan astronot, marinir dan senator Amerika Serikat, John Glenn, meninggal dunia, Kamis sore (8/12) di sebuah rumah sakit di Columbus, Ohio, pada usia 95 tahun.

Pada 1962, Glenn menjadi orang Amerika pertama yang mengorbit bumi, satu tahun setelah Uni Soviet menempatkan orangnya di orbit. Ia menjabat di Senat Amerika Serikat sebagai seorang Demokrat dari Ohio selama 24 tahun dan sempat mencalonkan diri sebagai presiden pada 1984.

Pada usia 77, ia kembali ke antariksa dan menjadi warga lanjut usia pertama yang melakukannya.Glenn adalah orang terakhir yang tutup usia dari kelompok astronot pertama Amerika Serikat yang dikenal sebagai Mercury 7.

Setelah tiga kali mengorbit bumi dan mendarat dengan selamat meskipun ada persoalan teknis, John Glenn menjadi pahlawan nasional. Ia membantu memulihkan kepercayaan Amerika Serikat untuk bersaing dengan Uni Soviet dalam persaingan misi ke antariksa. Dua tahun kemudian, ia mundur dari NASA dan mengumumkan rencananya untuk bersaing merebut kursi Senat dari Ohio.Ia mengabdi sebagai senator selama 24 tahun.

Suatu ketika Glenn pernah mengatakan, "Saya kira saya memandang hidup saya sepenuhnya adalah untuk mengabdi kepada negara."

Mantan kandidat presiden AS Hillary Clinton adalah di antara yang pertama menyampaikan pengumuman mengenai kematian John Glenn pada sebuah acara di Capitol Hill.

"Senator John Glenn, seorang sahabat bagi banyak di antara kita dan seorang pahlawan Amerika yang sesungguhnya,meninggal hari ini."

Sebagai senator dari Ohio,Glenn terlibat dalam rencana AS terkait perang Bosnia semasa pemerintahan Presiden Bill Clinton.

Ketika itu, ia mengatakan, "Kita siap menggunakan kekuatan yang luar biasa besar, tidak hanya kekuatan yang setanding melainkan yang luar biasa besar.Jika kita diserang, saya kira, kita bisa memberikan tanggapan yang luar biasa dan dengan risiko yang minimal. Jika kita bisa melakukannya, itu pasti berharga untuk dilakukan."

Pada 1998, John Glenn kembali ke antariksa, setelah 36 tahun meninggalkannya. Dalam misi sembilan hari di dalam pesawat ulang-alik Discovery, para ilmuwan mempelajari efek tanpa beban pada penuaan. Sebelum misi itu, ia mengatakan kepada istri tercintanya.

"Satu hal yang saya janjikan pada Annie pada hari pernikahan kami, selain janji perkawinan kami, tentunya, adalah saya akan melakukan apa saja yang mungkin untuk membuat hidup tidak membosankan."

John Glenn menerima banyak penghargaan, termasuk Medal of Honor dari Presiden Barack Obama pada 2012. Obama mengeluarkan pernyataan yang mengatakan, “John Glenn menginspirasi generasi-generasi ilmuwan, teknisi dan astronot yang akan membawa kita ke Mars atau lebih jauh lagi.” [ab/lt]

XS
SM
MD
LG