Tautan-tautan Akses

Irna: Halo, semua sobat VOA. Apa kabar? Di sini saya bersama

Brandon: Brandon Garner, welcome, friends, to All About Idioms.

Irna: Acara ini khusus membahas idiom bahasa Inggris yang umum dalam tulisan dan percakapan orang Amerika sehari-hari. Idiom adalah sekumpulan kata yang punya arti tersendiri jadi tidak bisa diterjemahkan secara harfiah. Oleh karena itu jika seseorang memahami idiom yang jumlahnya ribuan sering dinilai bahasa Inggrisnya setara dengan native speaker. Salah satu idiom yang sering kita dengar atau baca adalah … Brandon?

Brandon: JAZZ IT UP sekali lagi JAZZ IT UP

Irna: Artinya membuat sesuatu lebih semarak atau lebih menarik, lebih hidup, atau ditambahin bumbu. JAZZ ejaannya J-A-Z- Z adalah musik jazz yang berasal dari New Orleans, IT ejaannya I-T dan UP ejaannya U-P artinya naik atau atas.

Kita simak contohnya:

Brandon: This party is rather boring and people are getting restless. Let’s jazz it up with some games, karaoke and dancing.

Irna: Artinya: Pesta ini agak membosankan dan orang sudah mulai gelisah. Mari kita membuatnya lebih semarak dengan berbagai game, karaoke dan dansa.

JAZZ IT UP juga bisa digunakan untuk makanan, pertemuan dan presentasi, seperti dalam contoh berikut:

Brandon: If you ask me, I think your presentation is OK but you need to JAZZ IT UP a bit more, add some anecdotes and maybe with some video clips, otherwise people will fall asleep.

Irna: Artinya, Kalau kamu tanya saya, saya kira presentasi kamu OK tetapi perlu membuatnya lebih menarik seperti menambah anecdote di sana-sini dan barangkali disertai video clips, kalau tidak, orang bisa ngantuk dan ngorok.

Dalam bentuk plural idiom kata “IT” dalam idiom tadi diganti dengan “THEM” menjadi

Brandon: JAZZ THEM UP

Irna: Kita simak contohnya terkait dengan musik:

Brandon: Hey, this music group is good they play the oldies and jazz it up with a new beat.

Irna: Artinya: Hei, grup musik ini hebat,mereka membawakan lagu-lagu lama dan membuatnya lebih hidup dengan irama baru.

Irna: Hanya sekian untuk hari ini.

Brandon: Friends, we’ll be back soon. So long and thanks for listening.

XS
SM
MD
LG