Tautan-tautan Akses

Irna: Halo semua sobat VOA, apa kabar? Di sini saya bersama

Brandon: Brandon Garner, welcome friends to All ABOUT IDIOMS!

Irna: Acara ini khusus membahas idiom bahasa Inggris yang umum dalam tulisan dan percakapan orang Amerika sehari-hari. Idiom adalah sekumpulan kata yang punya arti tersendiri jadi tidak bisa diterjemahkan secara harfiah. Oleh karena itu jika seseorang memahami idiom yang jumlahnya ribuan sering dinilai bahasa Inggrisnya setara dengan native speaker. Salah satu idiom yang sering kita dengar atau baca adalah… Brandon?

Brandon: PUT AN END TO sekali lagi PUT AN END TO

Irna: Artinya: menghentikan sesuatu, atau mengakhiri sesuatu atau tidak lagi melakukannya. PUT ejaannya P-U-T antara artinya menaruh atau meletakkan, END ejaannya E-N-D artinya akhir. Sekarang kita simak contoh idiom PUT AN END TO

Brandon: Jim was very angry when he saw everybody use his yard as a shortcut to the main road, so he built an electric fence around his property to put an end to it.

Irna: Artinya: Jim sangat marah ketika dilihatnya orang menggunakan halamannya sebagai jalan pintas ke jalan raya, jadi ia membangun pagar listrik di sekeliling pekarangannya supaya orang tidak bisa lagi semaunya lewat.

Untuk lebih jelas lagi kita simak contoh kedua:

Brandon: I don’t know if there’s a way to put an end to this bickering without having to call the principal.

Irna: Artinya: Saya tak tahu apakah ada cara untuk menghentikan pertengkaran ini tanpa harus memanggil kepala sekolah.

Sinonim idiom PUT AN END TO adalah:

Brandon: PUT A STOP TO sekali lagi PUT A STOP TO

Irna: STOP ejannya S-T-O-P artinya berhenti. Kita simak contohnya:

Brandon: The city officials try to put a stop to motorists running the red lights by installing cameras at several crossroads. The camera will show the time and place of the moving violation.

Irna: Artinya: Pejabat-pejabat kota hendak membuat para pengemudi menghentikan kebiasaan menerobos lampu merah dengan memasang kamera di beberapa persimpangan jalan. Kamera itu akan menunjukkan bila dan di mana pelanggaran rambu lalu lintas itu terjadi.

Kita tadi telah membahas:

Brandon: PUT AN END TO dan PUT A STOP TO

Irna: Hanya sekian untuk hari ini. Terima kasih atas kebersamaan Anda.

XS
SM
MD
LG