Tautan-tautan Akses

Aktor Peter O’Toole Bintang ‘Lawrence of Arabia’ Tutup Usia


Peter O'Toole setelah menerima penghargaan kehormatan Academy Awards pada 2003. (Foto: Dok)

Peter O'Toole setelah menerima penghargaan kehormatan Academy Awards pada 2003. (Foto: Dok)

O’Toole muncul di banyak film yang dipuji kritikus, namun paling dikenal karena perannya sebagai aktor utama di film laris “Lawrence of Arabia” karya David Lean pada 1962.

Aktor Peter O'Toole, yang terkenal di seluruh dunia berkat film klasik "Lawrence of Arabia", meninggal dunia pada usia 81 tahun di London setelah sakit berkepanjangan, menurut agennya Minggu (15/12).

O'Toole, yang bertahan dari kanker lambung pada 1970an namun rusak kesehatannya karena bertahun-tahun menjadi peminum dan perokok berat, tutup usia di sebuah rumah sakit London Sabtu (14/12), menurut agennya Steve Kenis.

O’Toole muncul di banyak film yang dipuji kritikus, namun paling dikenal karena perannya sebagai aktor utama di film laris “Lawrence of Arabia” karya David Lean pada 1962. Ia tampil sebagai T.E. Lawrence, tentara Inggris eksentrik yang melawan pasukan Arab dan kekuasaan Turki Ottoman pada Perang Dunia I.

Wajahnya yang tampan dan daya tariknya membuat karirnya bertahan 50 tahun sebagai aktor panggung dan film. Ia mendapat delapan nominasi Oscar namun tidak pernah menang, sebelum akhirnya menerima penghargaan kehormatan pada 2003, yang diterimanya dengan enggan dan sedikit menggerutu.

Diyakini lahir di Irlandia, O’Toole tumbuh besar di Inggris dan mendapat pendidikan akting pada Royal Academy of Dramatic Art (RADA). Matanya yang biru, rambut ikal berwarna coklat dan tinggi 1,9 meter membuatnya digilai perempuan saat ia memulai karirnya di panggung teater pada 1954.

O’Toole memiliki dua anak perempuan dari mantan istrinya aktris Sian Phillips, dan satu putra dari hubungannya dengan mantan kekasihnya, Karen Brown. (Reuters/AP)
XS
SM
MD
LG