Tautan-tautan Akses

AS

Bintang 'Law & Order' Dennis Farina Meninggal Dunia


Dennis Farina pada acara pemutaran perdana serial televisi HBO "Luck" di Los Angeles pada 2012. (Foto: Dok)

Dennis Farina pada acara pemutaran perdana serial televisi HBO "Luck" di Los Angeles pada 2012. (Foto: Dok)

Aktor yang paling dikenal sebagai detektif dalam serial televisi "Law & Order" itu meninggal dunia akibat gumpalan darah dalam paru-paru.

Dennis Farina, mantan polisi Chicago yang kemudian menjadi aktor dengan peran paling populer sebagai detektif Joe Fontana dalam serial drama kriminal “Law & Order”, tutup usia pada usia 69 tahun.

Farina meninggal Senin (22/7) di sebuah rumah sakit di Scottsdale, Arizona, menyusul gangguan gumpalan darah di paru-parunya, menurut stafnya.

Selama tiga dekade, Farina merupakan aktor karakter yang memperlihatkan keterampilan, pesona dan ketangguhan yang memukau, serta penggunaan efektif dari wajahnya yang keras, suaranya yang parau dan kumisnya yang garang. Ia bisa tampil necis seperti Fred Astaire atau penuh ancaman seperti Clint Eastwood. Bakatnya digambarkan sebagai pria tangguh bermuka masam, yang dicintai oleh para penonton.

“Terkadang kita bisa mengambil peran-peran yang dramatis dan memasukkan sedikit humor ke dalamnya, dan saya rasa sebaliknya juga berlaku,” ujar Farina dalam sebuah wawancara pada 2007.

“Salah satu hal terlucu dalam hidup menurut saya adalah seseorang yang menganggap dirinya terlalu serius.”

Farina bermain dalam serangkaian film seperti “Thief” (1981), “Midnight Run” (1988) bersama Robert De Niro, dan “Get Shorty” bersama John Travolta dan Gene Hackman.
Ia juga bermain sebagai kepala bagian kriminal Kepolisian Chicago dalam film seri “Crime Story” pada 1986 sampai 1988, dan kemudian sebagai polisi pada “Law & Order” pada 2004-2006.

Farina sempat membuat berita saat ditahan di Bandar Udara Internasional Los Angeles pada 2008 karena membawa senjata tangan berpeluru saat akan menaiki pesawat terbang. Ia menyatakan lupa menyimpan senjata itu di rumah dan mengaku bersalah. Farina kemudian mendapat hukuman dua tahun percobaan.

Peran terakhir aktor tersebut adalah dalam film seri mengenai mafia dan judi balap kuda “Luck”, bersama Dustin Hoffman. Sayangnya serial yang dipuji oleh para kritikus itu dibatalkan setelah satu musim, karena kematian tiga kuda dalam produksinya.

Farina juga memainkan peran kecil dalam film "Out of Sight” (1998), yang dibintangi George Clooney dan Jennifer Lopez, serta film pemenang Oscar 1988 "Saving Private Ryan" serta serial komedi yang masih diputar "New Girl."

Farina meninggalkan tiga anak laki-laki dan kekasihnya selama 35 tahun, Marianne Cahill. (AP/Reuters)
XS
SM
MD
LG