Pejabat Pertahanan NATO Bahas Ukraina di Brussel

Dari kiri: Sekjen NATO Jens Stoltenberg, Jenderal AS Mark Milley, Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin, Menteri Pertahanan Ukraina Oleksii Reznikov dan pejabat militer Ukraina Letjen Yevhen Moisiuk melakukan pertemuan di Brussel, Belgia, Selasa 14 Februari 2023.

Sekutu Ukraina menjanjikan lebih banyak senjata, amunisi, dan tank untuk membantunya melawan serangan pasukan Rusia, namun tidak menawarkan jet tempur yang dicari oleh negara yang dilanda perang itu, kata Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin, hari Senin (13/2).

Austin mengatakan kepada wartawan setelah memimpin pertemuan kelompok Kontak Pertahanan Ukraina, di markas NATO di Brussels, yang diwakili 54 negara. Ia menjelaskan, perlengkapan militer yang disediakan sangat beragam dan kompleks.

Austin menambahkan, sekutu berharap melihat Ukraina meluncurkan "serangannya sendiri pada musim semi," dan bahwa para pendukung Baratnya "bekerja keras untuk memastikan bahwa Ukraina memiliki kendaraan lapis baja, senjata dan pendukungnya agar bermanfaat di medan perang.”

BACA JUGA: Rusia Lancarkan Serangan Baru terhadap Ukraina

Sementara itu, kepala pertahanan AS Mark Milley mengatakan pasukan Rusia menyerang posisi pasukan Ukraina di Donbas.

“Putin mengira dia bisa mengalahkan Ukraina dengan cepat, mematahkan aliansi NATO dan bertindak seperti kebal hukum. Ia salah. Ukraina tetap bebas, tetap mandiri,” ujarnya.

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg menekankan perlunya memberi Ukraina lebih banyak amunisi dan menyelesaikan pengiriman tank dan alat berat lain yang dijanjikan. [ps/ka]