Tautan-tautan Akses

Sekjen NATO: Ofensif Rusia Kembali Dimulai


Sekjen NATO Jens Stoltenberg memberikan konferensi pers di markas NATO di Brussel, Belgia, Senin (13/2).
Sekjen NATO Jens Stoltenberg memberikan konferensi pers di markas NATO di Brussel, Belgia, Senin (13/2).

Sekjen NATO Jens Stoltenberg hari Senin (13/2) mendesak sekutu-sekutu Barat untuk meningkatkan dukungan militer mereka pada Ukraina. Ia mengatakan NATO yakin Rusia telah melancarkan serangan militer baru.

“Hampir satu tahun sejak invasi, Presiden Putin tidak menyiapkan perdamaian. Ia melancarkan ofensif baru. Jadi kita harus terus mendukung Ukraina dengan apa yang diperlukan negara itu untuk menang dan mencapai perdamaian yang adil dan berkelanjutan,” kata Stoltenberg.

Ditanya wartawan kapan ia memproyeksikan apa yang disebutnya sebagai serangan musim semi Rusia itu, Stoltenberg mengatakan, “Pada kenyataannya kita telah melihat permulaan serangan itu.”

“Saya kira pada kenyataannya kita telah melihat awal (serangan itu) karena kita melihat apa yang dilakukan Rusia sekarang. Presiden Putin kini mengirim ribuan pasukan lagi dan bersiap menimbulkan korban yang sangat tinggi, memberi tekanan pada Ukraina. Yang kurang dari pasukan Rusia ini adalah kualitas, dan mereka mencoba mengkompensasi itu dengan kuantitas, yang berarti kepemimpinan, logistik, peralatan dan pelatihan mereka tidak sama dengan pasukan Ukraina tetapi mereka memiliki banyak personil. Rusia siap mengirim pasukan yang banyak itu dan bersiap menimbulkan banyak korban. Jadi bagi saya ini hanya soal waktu. Merupakan hal yang sangat mendesak untuk mengirim lebih banyak senjata bagi Ukraina.” [em/ka]

Forum

XS
SM
MD
LG