Tautan-tautan Akses

Sekutu-Sekutu Ukraina Pertimbangkan Bantuan Militer Baru


Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg berbicara selama konferensi pers di markas besar di Brussels, Belgia 25 November 2022. (Foto: REUTERS/Johanna Geron)
Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg berbicara selama konferensi pers di markas besar di Brussels, Belgia 25 November 2022. (Foto: REUTERS/Johanna Geron)

Para pejabat pertahanan dari kelompok sekutu Ukraina pimpinan AS bertemu pada Selasa (14/2) di Brussels untuk membahas potensi bantuan lebih lanjut bagi pasukan Ukraina.

Putaran terakhir pembicaraan untuk Kelompok Kontak Pertahanan Ukraina itu dilakukan saat peringatan satu tahun dimulainya invasi besar-besaran Rusia ke Ukraina semakin dekat.

Para kepala pertahanan NATO pada Selasa (14/2) malam akan mengadakan pembicaraan mereka sendiri yang akan dihadiri oleh menteri pertahanan Ukraina.

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan, Senin (13/2), penggunaan amunisi oleh Ukraina dalam perang melawan Rusia melebihi pasokan dan aliansi perlu meningkatkan produksi untuk memenuhi kebutuhan Ukraina.

Stoltenberg mengatakan masalah kontroversial penyediaan pesawat tempur modern ke Ukraina juga akan dibahas.

“Jelas bahwa kita berada dalam perlombaan logistik,” kata Stoltenberg kepada wartawan di Brussels. “Kemampuan utama seperti amunisi, bahan bakar, dan suku cadang harus mencapai Ukraina sebelum Rusia mengambil inisiatif di medan tempur. Kecepatan akan menyelamatkan nyawa,” katanya.

Stoltenberg mengatakan serangan besar Rusia telah dimulai lagi di Ukraina timur menjelang peringatan invasi 24 Februari.

Kota Bakhmut di Ukraina timur pada pada Senin (13/2) mengalami tembakan artileri berat. Militer Ukraina melaporkan serangan Rusia di sepanjang garis depan dan mengatakan 16 permukiman telah dibombardir di dekat Bakhmut. Dikatakan bahwa pejuang Ukraina, yang telah bertahan di sana selama berbulan-bulan, kini bersiap untuk menghadapi serangan darat. [lt/ab]

Forum

XS
SM
MD
LG