Tautan-tautan Akses

Zsa Zsa Gabor – bintang film Hungaria dan sosialita yang ikut memberi definisi baru bagi istilah “ketenaran” lewat beberapa perkawinan, kekayaan yang luar biasa dan filosofi tentang kehidupan glamor – meninggal dalam usia 99 tahun.

Bintang terkenal itu meninggal dunia hari Minggu (18/12) karena serangan jantung di kediamannya di Bel-Air, demikian ujar suaminya, Frederic von Anhalt.

Gabor telah berulangkali dirawat di rumah sakit sejak menderita patah tulang kanan akibat terjatuh di rumahnya pada Juli 2010. Ia sudah menggunakan kursi roda setelah sebagian tubuhnya lumpuh akibat kecelakaan mobil tahun 2002 dan stroke tahun 2005. Sebagian kaki kanannya juga telah diamputasi pada Januari 2011 akibat gangrene dan kaki kirinya juga terancam menderita penyakit serupa.

Associated Press melaporkan nenek buyut Paris Hilton dan guru spiritual keluarga Kardashian, Simpson dan bintang tabloid lainnya ini dikenal karena keglamorannya. Berawal dari tahun 1940an ketika performa Gabor beranjak dari seorang ratu kecantikan menjadi istri milyuner, dari bintang televisi yang tidak terlalu dikenal menjadi karakter utama di film-film layar lebar.

Sari Gabor – nama asli Zsa Zsa – dilahirkan di Budapest pada tahun 1917. Tidak ada satu dokumen resmi pun yang bisa memastikan tanggal kelahirannya, dan Zsa Zsa selalu menghindari topik ini. Setelah mengikuti kontes kecantikan, Zsa Zsa menikah dan kemudian bercerai dengan seorang diplomat Turki – Turhan Belge.

Ketika Perang Dunia Kedua mulai berkecamuk, Zsa Zsa, kedua adiknya Eva dan Magda, dan ibunya Jolie bermigrasi ke Amerika. Ia mulai menarik perhatian publik ketika menikah dengan Conrad Hilton pada tahun 1942.

Di tengah segala informasi miring tentangnya, Zsa Zsa dinilai mengetahui dua skandal besar pada abad ke-21 ini, yaitu kematian Anna Nicole Smith dimana suami Zsa Zsa saat ini mengklaim pernah berselingkuh dengannya, dan skandal keuangan Bernard Madoff dimana Zsa Zsa diperkirakan menderita kerugian hingga 10 juta dolar. Belum lagi kasus tamparan terhadap seorang polisi yang menghentikan mobil yang dikendarainya di Beverly Hills tahun 1989, yang membuatnya dijatuhi hukuman tiga hari penjara, menjadi sukarelawan di sebuah tempat krisis perempuan dan membayar denda 13 ribu dolar.

Zsa Zsa Gabor memiliki seorang anak – Fransesca Hilton – dari pernikahannya dengan Conrad Hilton. Ia pernah mengklaim bahwa Fransesca adalah anak hasil perkosaan yang dilakukan Hilton. Tetapi beberapa tahun kemudian, Gabor, von Anhalt dan Fransesca bertarung di pengadilan terkait urusan keuangan. Fransesca Hilton meninggal dunia akibat stroke tahun 2015. [em]

XS
SM
MD
LG