Tautan-tautan Akses

Yunani, AS Adakan Latihan Tembak Menembak pasca Kesepakatan soal Pangkalan


Militer Yunani dan AS mengadakan latihan bersama di Stefanovikio, Yunani, Rabu (19/2).

Angkatan Udara dari Yunani dan Amerika, hari Rabu (19/2) ikut serta dalam latihan tembak-menembak di kaki Gunung Olympus, menandai hubungan pertahanan yang makin erat antara kedua negara.

Yunani meningkatkan kerja sama militernya dengan AS dan Perancis - dan pembelian peralatan dari kedua sekutu itu di tengah kecemasan, memburuknya hubungan dengan Turki terkait batas-batas laut dan ruang angkasa yang disengketakan, termasuk hak pengeboran di Laut Tengah bagian timur.

Pimpinan militer Yunani dan duta besar AS untuk Yunani menyaksikan latihan itu yang dilakukan dengan helikopter serbu di Yunani utara.

Amerika dan Yunani menandatangani perjanjian pertahanan tiga minggu lalu yang memberi pasukan Amerika perluasan akses ke pangkalan militer Yunani.

"Hubungan AS-Yunani lebih kuat dari sebelumnya," kata Duta Besar AS Geoffrey Pyatt. "Hubungan pertahanan kita dan kerja sama pertahanan kita adalah komponen penting dari hubungan itu" lanjut Pyatt.

Setelah krisis keuangan yang berlangsung hampir satu dekade, Yunani berupaya memodernisasi angkatan lautnya, meningkatkan armada jet tempur F-16-nya dan memperkuat hubungan militer dengan sekutu lamanya serta saingan regional Turki, termasuk Israel, Mesir, dan Arab Saudi. [my/lt]

Recommended

XS
SM
MD
LG