Tautan-tautan Akses

Yunani Pindahkan Ratusan Migran di Kamp Lesbos ke Pulau Utama


Para pengungsi dan migran menunggu dipindahkan dari Pulau Lesbos pulau utama Yunani, 3 Mei 2020.

Polisi dan para pejabat pemerintah Yunani mengatakan ratusan migran dari sebuah kamp di pulau Lesbos dipindahkan ke fasilitas di darat pada Minggu (3/5) sebagai bagian dari upaya untuk mengurangi kepadatan.

Uni Eropa telah meminta Yunani untuk memindahkan para migran yang paling berisiko terjangkit virus corona di kamp-kamp yang penuh sesak di pulau-pulau di Laut Tengah.

Athena telah menentang untuk memindahkan mereka ke daratan, karena katanya tidak ada kasus di kamp-kamp itu, sementara virus corona menyebar di tempat lain di negara itu.

"Pihak berwenang bersiap untuk memindahkan sekelompok 395 migran yang dianggap rentan hari ini ke daratan utama dengan naik kapal," kata seorang polisi yang menolak disebut namanya.

Kelompok itu akan meninggalkan kamp Moria di sebelah timur pulau Aegean, yang dekat dengan Turki.

Yunani merupakan gerbang utama ke Uni Eropa bagi orang-orang yang berusaha menghindari konflik di Timur Tengah dan sekitarnya. Lebih dari sejuta orang tiba di pantai-pantainya dari Turki pada 2015-16.

Sedikitnya 110.000 orang tinggal di fasilitas-fasilitas migran. Empat puluh ribu di antaranya berada di kamp-kamp yang penuh sesak di lima pulau. [vm/ft]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.

Recommended

XS
SM
MD
LG