Tautan-tautan Akses

Kebakaran Picu Kerusuhan di Kamp Migran di Yunani


Kamp migran dan pengungsi di pulau Chios, Yunani (foto: dok).

Kebakaran melanda salah satu kamp migran terbesar di Yunani yang menyebabkan kerusakan luas dan banyak migran kehilangan tempat tinggal setelah kematian seorang perempuan Irak memicu kerusuhan, kata para pejabat, Minggu (19/4).

Kebakaran Sabtu (18/4) malam di kamp Vial di pulau Chios menghancurkan fasilitas layanan suaka Eropa, kantin kamp, tenda penyimpan barang, dan banyak kontainer yang digunakan untuk penampungan, kata Kementerian Imigrasi Manos Logothetis kepada AFP.

"Sebagian besar layanan administrasi kamp hancur," kata Logothetis, sambil menambahkan tidak ada laporan korban luka.

Juru bicara badan pengungsi PBB di Athena, Boris Cheshirkov, mengatakan kerusakan masih ditinjau tetapi banyak penghuni kamp kemungkinan kehilangan tempat tinggal.

"Pihak berwenang masih menaksir kerusakan tetapi beberapa ratus orang kemungkinan terimbas karena tempat penampungan mereka terbakar. Kami telah menyumbang tenda kepada pihak berwenang yang bisa segera digunakan dan akan membantu mengganti tenda-tenda penyimpan barang," katanya kepada AFP.

Anissa, seorang pencari suaka berusia 22 tahun dari Somalia mengatakan api "membakar dua tenda besar dan setiap tenda menampung lebih dari 20 keluarga. [my/ii]

Recommended

XS
SM
MD
LG