Tautan-tautan Akses

WHO Puji Spanyol atas Keberhasilan Tangani Covid-19


Para turis mengenakan masker menunggu untuk menyeberang jalan di Barcelona, Spanyol, 16 Juli 2020.

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus, Kamis (16/7), memuji kemampuan Spanyol menangani wabah Covid.19.

“Spanyol telah menunjukkan bahwa dengan kepemimpinan dan tindakan politik, yang didukung oleh dukungan masyarakat, Covid-19 dapat dikendalikan, terlepas dari tahap manapun penularan virus itu di suatu negara. Dari tantangan yang sangat besar, Spanyol telah membalikkan lintasan wabah.”

Pada akhir Maret dan awal April, Spanyol melaporkan sebanyak 10.000 kasus baru per hari.

Tedros memberikan penghargaan kepada pemerintah dan rakyat Spanyol karena mematuhi berbagai batasan keras termasuk apa yang dikatakan oleh WHO sebagai pengawasan yang keras, pengujian, pelacakan kontak erat, perawatan dan isolasi.

Sementara memuji keberhasilan itu, Tedros juga mengenang orang-orang Spanyol dan lainnya di seluruh dunia meninggal karena Covid-19 dan memperingatkan bahwa penyakit itu tetap menjadi ancaman bahkan ketika keadaan darurat tampaknya telah mereda.

Virus corona tidak menunjukkan tanda-tanda berkurang di Brazil, di mana kementerian kesehatan melaporkan lebih dari 2 juta kasus dan lebih dari 1.000 kematian per hari.

Brasil membuntuti Amerika Serikat dalam jumlah kasus dan kematian. Pusat Sumber Data Virus Corona Universitas Johns Hopkins melaporkan di Amerika ada 3,57 juta kasus terkonfirmasi dan 138.291 kematian pada Kamis (16/7). [lt/ft]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG