Tautan-tautan Akses

WHO: Kita Masih Jauh Dari Tingkat Kekebalan Virus yang Diperlukan 


Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus di Jenewa, Swiss, 30 Januari 2020.
Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus di Jenewa, Swiss, 30 Januari 2020.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Selasa (18/8) mengatakan dunia masih "jauh dari" tingkat kekebalan yang dibutuhkan untuk menghentikan penularan virus corona.

Dalam konferensi pers, Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menyarankan pendistribusian vaksin virus corona jika sudah berhasil dikembangkan. Tedros mengatakan langkah-langkah perlu diambil untuk "mencegah nasionalisme vaksin" dan mendorong "penggunaan yang tepat dan adil".

Langkah ini menurutnya mencakup dua fase, yang pertama adalah pengalokasian secara proporsional ke semua negara yang ikut secara serentak untuk mengurangi risiko keseluruhan dan yang kedua, pertimbangan terhadap negara-negara yang berkaitan dengan tingkat ancaman dan kerentanan, dengan pertimbangan khusus pada pekerja kesehatan garis depan dan mereka yang berusia di atas 65 tahun atau yang kondisi kesehatannya rentan.

Beberapa organisasi lainnya di seluruh dunia telah mencoba mengembangkan vaksin untuk mengatasi penyebaran virus corona dimana lebih dari 170 vaksin sedang dikembangkan, 7 di antaranya sedang dalam uji coba kemanjuran berskala besar. [my/ii]

XS
SM
MD
LG