Tautan-tautan Akses

WHO: Kasus COVID-19 Global Naik Pertama Kali dalam 7 Minggu


Dirjen WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus
Dirjen WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Senin (1/3) mengatakan jumlah kasus virus corona bertambah di seluruh dunia untuk pertama kalinya dalam tujuh minggu.

Dalam pengarahan di markas organisasi itu di Jenewa, Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan peningkatan terjadi di empat kawasan: Amerika, Mediterania timur, Eropa dan Asia Tenggara.

Kepala WHO mengatakan peningkatan itu "mengecewakan tapi tidak mengejutkan." Dia mengatakan kenaikan itu sepertinya akibat pelonggaran protokol kesehatan, penyebaran berbagai varian baru, dan "orang-orang mulai lengah." Dia mengisyaratkan bahwa program vaksinasi di seluruh dunia mungkin juga ikut menyebabkannya.

Tedros menekankan vaksin akan membantu menyelamatkan nyawa. Tapi apabila negara-negara hanya bergantung pada vaksin, mereka melakukan kesalahan. Dia mengatakan, "Upaya kesehatan masyarakat masih menjadi dasar respons COVID-19."

Dia menambahkan bahwa tes, pelacakan kontak, isolasi, karantina dan akses ke layanan kesehatan masih tetap vital. "Bagi para individu, ini artinya menghindari kerumunan, menjaga jarak, mencuci tangan, mengenakan masker dan mengatur ventilasi," katanya. [vm/ka]

XS
SM
MD
LG