Tautan-tautan Akses

WHO: Ancaman Pandemi Virus Corona 'Sangat Nyata'


Dirjen WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus berbicara kepada media di Jenewa, Swiss.

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Sedunia (World Health Organization - WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus hari Senin (9/3) mengatakan virus corona yang mematikan telah menyebar di banyak negara sehingga "ancaman pandemi menjadi sangat nyata."

Namun, Ghebreyesus juga menyuarakan optimisme, dan mengatakan virus itu "akan menjadi pandemi pertama dalam sejarah yang bisa dikendalikan."

Tetapi dampak virus corona tidak berkurang. Jumlah kematian di seluruh Eropa mencapai 511, dengan 97 kematian baru di Italia, pusat wabah di benua itu.

Secara global, menurut WHO, lebih dari 100 negara melaporkan kasus virus corona di mana lebih dari 106 ribu orang dilaporkan sakit dan jumlah kematian mencapai 3.500.

Di seluruh dunia, China melaporkan jumlah kasus virus baru corona yang terendah, sementara sekitar seperempat populasi Italia diperintahkan dikarantina dan penumpang satu kapal pesiar siap diturunkan di negara bagian California, setelah beberapa dari mereka dinyatakan positif tertular virus tersebut. [ka/ii]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG