Tautan-tautan Akses

Korut Tuntut AS Cabut Sanksi Namun Tanpa Beri Kejelasan Imbalan yang Ditawarkan


Menlu Korut, Ri Yong Ho, kedua dari kanan, berbicara saat melaksanakan konferensi pers di Melia Hotel, Hanoi, Vietnam, 28 Februari 2019 (foto: AP Photo/Vincent Yu)

Menteri Luar Negeri Amerika Mike Pompeo mengatakan hari Jum’at bahwa Korea Utara meminta Amerika mencabut sepenuhnya semua sanksi yang dikenakan padanya dalam KTT di Hanoi. Tetapi tidak jelas apa yang ingin disodorkannya dalam membongkar fasilitas nuklirnya di Yongbyon.

“Dalam soal apa yang siap mereka lakukan di Yongbyon memang cukup luas, namun masih tetap tidak sepenuhnya jelas dan lengkap sejauh apa mereka siap melakukan apa yang mereka tawarkan,” kata Pompeo dalam jumpa pers ketika singgah di Manila.

Ia mengatakan Amerika ingin melanjutkan pembicaraan. KTT ke-2 di Hanoi hari Kamis yang berakhir tanpa adanya kesepakatan karena soal sanksi. Kedua pihak memberi alasan yang berlawanan penyebab kegagalan untuk mencapai kata sepakat. Presiden Trump mengatakan Kim Jong Un menghendaki Amerika mencabut sanksi sepenuhnya. Tetapi menteri luar negeri Korea Utara, Ri Yong Ho mengatakan pihaknya hanya meminta pencabutan sebagian saja dari sanksi itu. [al]

Recommended

XS
SM
MD
LG