Tautan-tautan Akses

Wayne Rooney Pensiun dari Timnas Inggris


Wayne Rooney (kiri) saat bermain untuk Manchester United, merayakan gol dengan rekan satu tim dalam pertandingan Liga Premier Inggris di Selhurst Park, London, 22 Februari 2014. (REUTERS/Paul Hackett/dok)

Wayne Rooney mengumumkan pengunduran dirinya dari tim nasional Inggris hari Rabu (23/8), kantor berita Reuters melaporkan. Pengunduran dirinya mengakhiri 14-tahun karir di mana ia menjadi pencetak gol terbanyak untuk negaranya dengan 53 gol.

Rooney mengatakan ia mengambil keputusan pensiun walaupun manajer timnas Inggris, Gareth Southgate sudah memberitahu bahwa ia akan dipanggil kembali untuk memperkuat tim Inggris dalam pertandingan babak kualifikasi Piala Dunia bulan depan.

“Memang bagus Gareth menelepon saya minggu ini untuk memberitahu bahwa ia ingin saya kembali ke pasukan timnas Inggris untuk pertandingan berikutnya. Saya sangat menghargai,” kata pemain berusia 31 tahun dalam pernyataannya.

“Namun, setelah berpikir panjang dan keras, saya memberitahu Gareth bahwa saya memutuskan untuk pensiun dari ajang sepak bola internasional untuk selamanya,” kata Rooney.

Rooney mengambil keputusan ini hanya dua hari setelah ia mencetak gol untuk Everton dalam pertandingan seri 1-1 Liga Premier di Manchester City dan permainannya menuai pujian.

Gol yang dicetak Rooney adalah gol keduanya dalam banyak pertandingan untuk klub tersebut. Rooney bergabung kembali dengan Everton setelah 13 tahun bertanding untuk Manchester United dan memunculkan spekulasi mengenai pemanggilan kembali untuk timnas Inggris.

Namun pemain kelahiran Liverpool ini telah memutuskan untuk konsentrasi dengan karir di klub lokal.

“Meninggalkan Manchester United adalah keputusan yang berat. Namun, saya tahu, saya telah membuat keputusan tepat dengan kembali ke Everton. Sekarang saya ingin fokus mengerahkan tenaga saya untuk kesuksesan mereka,” katanya.

Rooney memulai penampilan perdananya di ajang internasional pada pertandingan melawan Australia tahun 2003 saat berusia 17 tahun dan 111 hari kemudian menjadi pemain termuda, saat itu, yang mewakili timnas. Ia juga pensiun dari timnas Inggris sebagai pemain yang paling banyak tampil di pertandingan Internasional dengan 119 penampilan.

Mantan kapten timnas Inggris ini sudah tidak bermain untuk tim sepak bola negaranya sejak kemenangan 3-0 atas Skotlandia di Wembley bulan November tahun lalu.[fw/as]

XS
SM
MD
LG