Tautan-tautan Akses

Washington Bersiap Dengarkan Kesaksian James Comey


FILE - Direktur FBI James Comey bersaksi di Capitol Hill di Washington, Rabu, 3 Mei 2017, sebelum sidang Komite Yudikatif Senat: "Pengawasan Biro Investigasi Federal." (AP Photo / Carolyn Kaster)

Antisipasi anggota-anggota kongres berbeda-beda menjelang apa yang merupakan sebuah kejadian besar: kesaksian dari mantan direktur FBI James Comey tentang penyelidikan Rusia dan interaksi dirinya dengan Presiden Donald Trump sebelum dia dipecat bulan lalu.

“Ini merupakan penyelidikan yang berpotensi pengkhianatan, spionase, penghambatan penegakan hukum. Ini sangat serius dan kita harus melakukannya dengan benar,” kata Senator Demokrat Tim Kaine dari Virginia pada Selasa.

James Comey akan memberi kesaksian dihadapan Komite Intelijen Senat, yang sedang menyelidiki campur tangan Rusia dalam pemilihan presiden tahun lalu, serta juga hubungan antara Moskow dan lingkaran dalam Trump. Ini merupakan penampilan James Comey yang pertama sejak Trump secara mendadak memecat dirinya, dan laporan muncul bahwa Comey sudah menyusun memo-memo yang memperinci tekanan-tekanan dari presiden agar dia menghentikan penyelidikan FBI terhadap mantan penasihat keamanan Michael Flynn.

“Saya ingin tahu apa yang terjadi dalam pertemuan Comey dengan presiden, sehubungan permintaan presiden untuk tidak menyelidiki Jenderal Flynn,” kata Senator Demokrat Dianne Feinstein dari California.

“Ujung-ujungnya adalah kebenaran,” kata Senator Republik Marco Rubio dari Florida dalam pesan kepada para konstituennya.[jm]

XS
SM
MD
LG