Tautan-tautan Akses

AS

Mantan Direktur FBI akan Berikan Kesaksian di Depan Senat


Mantan direktur Dinas Penyidikan Federal Amerika atau FBI, James Comey (foto: dok).

Mantan direktur Dinas Penyidikan Federal Amerika atau FBI, James Comey akan memberikan keterangan di depan komisi intelijen Senat dalam waktu dekat ini, kata sebuah pernyataan yang dikeluarkan Jumat (19/5) malam oleh tokoh pimpinan komisi itu.

Harian New York Times, yang melaporkan hal ini mengatakan, kesaksian Comey itu akan diberikan setelah Hari Pahlawan tanggal 29 Mei, tapi tidak disebutkan tanggal yang pasti.

“Saya berharap ia akan menjelaskan kepada rakyat Amerika berbagai peristiwa baru-baru ini yang telah dilaporkan secara luas oleh media,” kata Senator partai Republik Richard Burr, ketua komisi intelijen senat, dalam pernyataan yang dibuatnya bersama Senator Partai Demokrat Mark Warner.

Sehari setelah memecat Comey, presiden Trump mengadakan pertemuan dengan menteri LN dan Dutabesar Rusia untuk Amerika di Gedung Putih.

Menurut dokumen resmi tentang pembicaraan Trump dengan para pejabat Rusia itu, Trump mengatakan, “Saya baru saja memecat kepala FBI. Dia gila. Betul-betul gila.”

Ucapan Trump itu dibacakan kepada wartawan New York Times oleh seorang pejabat Amerika.

“Saya mendapat tekanan kuat karena (urusan) Rusia ini. Tapi kini tekanan itu telah hilang,” kata Trump lagi, yang menambahkan, ”Saya tidak sedang diselidiki.”

Kalimat terakhir ini mengacu pada jawaban Comey atas pertanyaan Trump dalam sebuah pertemuan lain, apakah ia sedang diselidiki tentang laporan kemungkinan hubungan tim kampanyenya dengan Rusia.

Catatan pembicaraan yang memuat ucapan Presiden Trump itu ditulis berdasarkan catatan-catatan yang dibuat dalam kantor presiden dan diedarkan sebagai catatan resmi tentang pertemuan dengan kedua pejabat Rusia itu.

Juru bicara Gedung Putih Sean Spicer tidak membantah laporan itu, kata New York Times. [ii]

XS
SM
MD
LG