Tautan-tautan Akses

Wartawan Slowakia Dibunuh Karena Tulis Laporan Terkait Mafia Italia


Polisi menjaga pintu masuk kantor berita situs Aktuality.sk, kantor Jan Kuciak, jurnalis investigasi yang tewas dibunuh, di Bratislava, Slovakia, 27 Februari 2018.

Seorang jurnalis Slowakia yang tewas dibunuh pekan lalu dikabarkan sedang menggarap laporan mengenai kegiatan mafia di negaranya dan hubungan mereka dengan orang-orang dekat PM Robert Fico.

Situs berita Aktuality.sk mempublikasikan laporan terakhir Jan Kuciak itu, Rabu. Laporan itu menggambarkan kegiatan sejumlah anggota kelompok kriminal Italia `Ndrangheta di Slowakia timur dan hubungan bisnisnya dengan asisten senior Fico dan seorang pejabat lain yang dekat dengan Fico.

Jasad Kuciak yang berusia 27 tahun dan kekasihnya, Martina Kusnirova, ditemukan Minggu sore di rumah mereka di Velka Maca, sebelah timur ibukota Slowakia, Bratislava. Kuciak adalah jurnalis pertama yang tewas dibunuh di Slowakia. Media-media setempat melaporkan, Kuciak dan kekasihnya tewas akibat luka tembak.

Artikel Jan Kuciiak, wartawan Slowakia yang dimuat pada situs berita Aktuality.sk
Artikel Jan Kuciiak, wartawan Slowakia yang dimuat pada situs berita Aktuality.sk

Dalam laporannya, Kuciak menjelaskan hubungan seorang pria Italia yang tinggal di Slowakia dan diyakini anggota ‘Ndrangheta dengan Maria Troskova, mantan model yang kini menjabat kepala penasehat pemerintah, dan Viliam Jasan, yang saat ini menjabat sebagai sekretaris Dewan Keamanan Slowakia, lembaga yang menangani isi-isu keamanan penting.

Fico sendiri membantah laporan itu. Ia mengingatkan Aktuality.sk dan surakabar Sme, yang juga mempublikasikan laporan itu, agar tidak mengaitkan orang-orang tidak bersalah dengan pembunuhan tersebut.

Kelompok-kelompok oposisi menyerukan agar Kepala Polisi Nasional Slowakia Tibor Gaspar dan Menteri Dalam Negeri Robert Kalinak untuk mundur. Mereka juga merencanakan akan menggelar pawai protes di Bratislava, Rabu ini. [ab/lt]

XS
SM
MD
LG