Tautan-tautan Akses

Jajak Pendapat di TPS: Fico Menang Pemilu Slowakia


PM Slovakia Robert Fico dalam konferensi media di Brussels, 13 Jul 2015 (AP Photo/Virgina Mayo)
PM Slovakia Robert Fico dalam konferensi media di Brussels, 13 Jul 2015 (AP Photo/Virgina Mayo)

Jajak pendapat di TPS-TPS di Slowakia menyatakan Partai Smer pimpinan Perdana Menteri Robert Fico menang dalam pemilihan parlemen hari Sabtu. PM Fico menyebut parlemen baru kemungkinan menjadi "campuran besar-besaran" dan sepertinya ia akan kesulitan dalam penyusunan pemerintah koalisi baru.

Jajak pendapat di TPS-TPS di Slowakia menyatakan Partai Smer pimpinan Perdana Menteri Robert Fico menang dalam pemilihan parlemen hari Sabtu, dengan sejumlah besar partai lainnya, yang beraliran ekstrim kiri dan ekstrim kanan, juga memenangkan kursi di parlemen .

PM Robert Fico menyebut parlemen baru kemungkinan menjadi "campuran besar-besaran" dan sepertinya ia akan kesulitan dalam penyusunan pemerintah koalisi baru.

Jajak pendapat di TPS-TPS yang dilakukan oleh stasiun televisi Slowakia Markiza menyatakan Partai Smer yang berkuasa mengumpulkan 27,3 persen suara, lebih rendah dibandingkan perkiraan. Para pemilih tampaknya muak dengan isu korupsi dan upah rendah bagi para guru dan perawat, yang kemungkinan menjadi penyebab turunnya dukungan.

Robert Fico yang beraliran konservatif anti-imigrasi mungkin harus meminta dukungan dari partai aliran kiri serta partai konservatifnya lainnya untuk berupaya membentuk pemerintahan baru yang akan mendapat dukungan yang cukup dalam parlemen. [zb]

XS
SM
MD
LG